Hubungan antara tempat tinggal dan sense of industry dengan prestasi belajar anak pasca konflik
LAWALATA, Cornelly M.A, Prof.Dr. Johana E. Prawitasari
2004 | Tesis | S2 PsikologiPenelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan tempat tinggal dan sense of industry dengan prestasi belajar anak, dengan memasukkan inteligensi sebagai kovaribel. Hipotesis yang diajukan adalah: 1). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara tempat tinggal dan sense of industry dengan prestasi belajar anak 2). Ada perbedaan yang signifikan antara sense of industry dan prestasi belajar anak di dalam dan di luar barak. Subjek penelitian berjumlah 80 orang anak yang terdiri dari 40 anak di dalam barak dan 40 anak di luar barak, berusia 10-11 tahun pada sekolah dasar negeri 29 Karang Panjang Ambon, dan sekolah dasar Yakobus di Karang Panjang Ambon, Tahun Ajaran 2003/2004, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, untuk skala sense of industry, Tes CPM (Coloured Progessive Matrices) dan Buku Rapor. Metode Analisis menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi-linear untuk menguji hipotesis I, dan analisis varian (anava) dan analisis univariate (anakova) untuk menguji hipotesis II. Hasil penelitian mengukur bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara tempat tinggal dan sense of industry dengan prestasi belajar, dengan mengontrol tes CPM, diperoleh Rx1.2y = 0.86 dengan SE 73.30% dan F=73.23 (p< 0.01), artinya signifikan. Hasil antara sense of industry dan prestasi belajar terhadap tempat tinggal anak dalam dan luar barak diperoleh F=1.708 (p<0.05). Artinya terdapat perbedaan antara sense of industry dan prestasi belajar antara anak di dalam dan di luar barak.
This research was aimed to find out the correlation between residence and sense of industry with children’s academic achievement by including intelligence as a covariate. The Hypotheses of this research were: 1). There was a correlation between residence and sense of industry with children’s academic achievement; 2). There was significant andifference in children’s sense of industry and academic achievement of children outside and inside barrack. The research subjects were 80 children aged from 10 to 11 years old. They were from SDN 29 (a public elementary school) and SD Yakobus (a private elementary school) in the city of Karang Panjang Ambon, in odd semester, academic year of 2003/2004. Sampling techniques used in this research were purposive sampling. Data were gathered using questionnaire (i.e. sense of industry scale), CPM test (Coloured Progressive matrices), and Rapport book. The methods used to analyze the data were partial correlation analysis and linear regression analysis to test the first hypothesis, and analysis of variance (anova) and analysis univariate (ancova) to test the second hypothesis. The result of this research showed that there were significant and positive correlation between residence and sense of industry with academic achievement by controlling the intelligence, Rx1.2y= 0.86; the amount of effective contribution was 73.30 percent, and F=73.23 (p<0.01), very significant. The result also showed that there was significant difference between children’s sense of industry and academic achievement inside and outside barrack with F=1.708 and p<0.05.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Anak,Tempat Tinggal,Sense of Industry,Residence, sense of industry, and Academic achievement