Perbandingan Visualisasi Rute GO-JEK dan Aplikasi Geo Tracker Di Kota Surakarta
HASNA' SYIFA ARROHMAH, Ir. Rochmad Muryamto, M.Eng.Sc.
2025 | Tugas Akhir | D4 TEKNOLOGI SURVEI DAN PEMETAAN DASAR
Tingginya
angka mobilisasi masyarakat mengakibatkan permintaan jasa transportasi semakin
tinggi. Salah satu contoh penyedia layanan transportasi adalah aplikasi GO-JEK
yang dibuat oleh Nadiem Makarim berkembang secara pesat hingga memasuki Kota
Surakarta pada tahun 2016. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan kepada customer
adalah menampilkan ilustrasi rute rekomendasi yang menjadi acuan bagi driver
dalam menyelesaikan sebuah perjalanan, namun pada kenyataannya driver belum
tentu mengikuti rute rekomendasi dari aplikasi GO-JEK. Aplikasi Geo Tracker adalah
aplikasi mobile yang dapat merekam pergerakan dengan bantuan A-GPS. Adanya
aplikasi Geo Tracker dapat diketahui pola pergerakan driver GO-JEK
secara real-time. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
membandingkan visualisasi rute rekomendasi aplikasi GO-JEK dan hasil tracking
real-time driver menggunakan aplikasi Geo Tracker.
Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan data hasil tracking aplikasi Geo
Tracker sejumlah 24 sampel yang tersebar di seluruh Kota Surakarta menjangkau
lokasi objek vital. Pengambilan data penelitian dilakukan selama 2 hari
(13 Juli 2024 dan 14 Januari 2025). Teknik pengambilan data dilakukan dengan tracking
manual menggunakan aplikasi Geo Tracker pada rute yang telah
dipesan di aplikasi GO-JEK. Hasil dari 24 tracking real-time aplikasi Geo
Tracker tersebut dibandingkan dengan rute rekomendasi aplikasi GO-JEK dalam
bentuk visualisasi yang terbagi menjadi 4 kondisi yaitu : (A) rute yang sama
antara rekomendasi aplikasi GO-JEK dan hasil tracking real-time aplikasi
Geo Tracker dan tidak melanggar lalu lintas, (B) rute yang sama antara
rekomendasi aplikasi GO-JEK dan hasil tracking real-time aplikasi Geo
Tracker namun keduanya melanggar lalu lintas, (C) rute yang tidak sama
antara rekomendasi aplikasi GO-JEK dan hasil tracking real-time aplikasi
Geo Tracker dan tidak melanggar lalu lintas, (D) rute yang tidak sama
antara rekomendasi aplikasi GO-JEK dan hasil tracking real-time aplikasi
Geo Tracker namun melanggar lalu lintas. Selain perihal visualisasi,
jarak estimasi dari aplikasi GO-JEK dan jarak tempuh hasil tracking
real-time aplikasi Geo Tracker juga dibandingkan dan dikelompokkan
berdasarkan 4 kondisi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi (A) terdapat 5 rute perjalanan, kondisi (B) terdapat 1 rute perjalanan yaitu rute Jl. Pakoe Boewono No.19 – Jl. Sasono Mulyo No.19, kondisi (C) terdapat 16 rute perjalanan, dan pada kondisi (D) berjumlah rute 2 perjalanan. Perbandingan jarak tempuh yang termasuk dalam kondisi (A) dan kondisi (B) menunjukkan rata-rata selisih sebesar 136 meter. Hal ini karena pergeseran titik jemput ataupun titik tujuan sering kali terjadi, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah bagi driver karena customer dapat memandu driver menuju titik yang diinginkan. Pada kondisi (C) terdapat rata-rata selisih perbedaan jarak sebesar 350 meter, meskipun hal ini mengindikasikan ketidakpatuhan driver namun driver lebih optimal dalam memilih rute. Pada kondisi (D) yang terindikasi melanggar lalu lintas pada kedua rute adalah rute aplikasi GO-JEK, mengakibatkan driver menempuh jarak yang lebih panjang. Kondisi (D) menghasilkan rata-rata selisih sebesar 238 meter.
The high mobilization rate
of the society has resulted in a higher demand for transportation services. One
example of a transportation service provider is the GO-JEK application created
by Nadiem Makarim, which is growing rapidly until it entered Surakarta City in
2016. Various excellent features offered to customers are displaying
illustrations of recommended routes that become a reference for drivers in
completing a trip but drivers do not necessarily follow the recommended route
from the GO-JEK application. Geo Tracker application is a mobile
application that can record movements with the help of A-GPS. The existence of
the Geo Tracker application can know the movement of GO-JEK drivers in
real-time. Therefore, this study aims to compare the visualization of the
recommended route of the GO-JEK application and the results of real-time
tracking of drivers using the Geo Tracker.
This research was conducted
using data from the Geo Tracker application tracking results of 24 sample routes distributed around Surakarta City including the location of
vital objects. Data collection was done for 2 days (July 13, 2024 and January
14, 2025). The data collection technique is by manually tracking using the Geo
Tracker application on the route that has been ordered in the GO-JEK
application. The results of the real-time tracking of the Geo Tracker
application will be compared with the GO-JEK application recommendation route
in the form of visualization divided into 4 conditions, including: (1) the same
route between the recommendations of the GO-JEK application: (1) the same route
between GO-JEK application recommendations and Geo Tracker application
real-time tracking results and does not violate traffic, (2) the same route
between GO-JEK application recommendations and Geo Tracker application
real-time tracking results but both violate traffic, (3) routes that are not
the same between GO-JEK application recommendations and Geo Tracker
application real-time tracking results and do not violate traffic, (4) routes
that are not the same between GO-JEK application recommendations and Geo
Tracker application real-time tracking results but violate traffic. In
addition to visualization, the estimated distance from the GO-JEK application
and the distance traveled by the real-time tracking results of the Geo
Tracker application are compared and grouped based on 4 conditions.
The results showed that in condition (A) there were 5 travel routes, condition (B) there was 1 travel route, namely the route Jl. Pakoe Boewono No.19 - Jl. Sasono Mulyo No.19, condition (C) there were 17 travel routes, and in condition (D) there were 2 travel routes. Comparison of mileage included in condition (A) and condition (B) shows an average difference of 136 meters. This is because the point of pickup or destination point is frequently moved, but it is not a problem for the driver because the customer can guide the driver to the wanted point. In condition (C) there is an average difference in distance of 350 meters, although this indicates driver non-compliance, drivers are more optimal in choosing routes. In condition (D), the indicated traffic violation on both routes is the GO-JEK application route, resulting in drivers driving a longer distance. Condition (D) resulted in an average difference of 238 meters.
Kata Kunci : Rute, jarak, lalu lintas, GO-JEK, Geo Tracker.