Laporkan Masalah

PENGARUH MOTIVASI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP MINAT KARIR MAHASISIWA AKUNTANSI FEB UGM DENGAN EFEKTIVITAS MAGANG SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Aulia Nurussyifa, Dr.Rijadh Djatu Winardi, S.E., Ak., M.Sc., CFE

2025 | Skripsi | AKUNTANSI

Berlandaskan pada Social Cognitive Career Theory (SCCT) dan Reasoned Action Theory (RTA), penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara beberapa motivasi internal dan eksternal, seperti efikasi diri, ekspektasi hasil, lingkungan keluarga, dan eksposur karir, terhadap minat karir mahasiswa akuntansi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah efektivitas magang dapat berfungsi sebagai variabel moderasi yang memperkuat atau memoderasi hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan minat karir mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data. Populasi yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa Program S1 angkatan 2021-2022 di Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan sampel sebanyak 120 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner online yang disebarkan melalui platform Google Forms. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menguji model hubungan antara variabel independen (efikasi diri, ekspektasi hasil, lingkungan keluarga, dan eksposur karir) dengan variabel dependen (minat karir mahasiswa), serta peran moderasi dari efektivitas magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi hasil memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa akuntansi, yang sejalan dengan temuan SCCT bahwa individu cenderung tertarik pada karir yang mereka anggap memberikan hasil yang diinginkan. Namun, efikasi diri, ekspektasi hasil, lingkungan keluarga, dan eksposur karir tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat karir mahasiswa, Selain itu, efektivitas magang tidak terbukti memoderasi atau memperkuat hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan minat karir mahasiswa akuntansi.

Based on the Social Cognitive Career Theory (SCCT) and Reasoned Action Theory (RAT), this study aims to examine the relationships between several internal and external motivations, such as self-efficacy, outcome expectations, family environment, and career exposure, with the career interest of accounting students. Furthermore, this study also aims to test whether internship effectiveness can function as a moderating variable that strengthens or moderates the relationship between these factors and students' career interest. This research employs a quantitative approach with a survey method to collect data. The study population consists of undergraduate students from the 2021-2022 cohort at Universitas Gadjah Mada (UGM), with a sample of 120 respondents selected using purposive sampling technique. The research instrument is an online questionnaire distributed via Google Forms. The collected data were then analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) to test the model of relationships between independent variables (self-efficacy, outcome expectations, family environment, and career exposure) and the dependent variable (students' career interest), as well as the moderating role of internship effectiveness. The results of the study indicate that outcome expectations have a positive and significant effect on career interest, which aligns with SCCT's finding that individuals tend to be interested in careers that they believe will yield desired outcomes. However, self-efficacy, outcome expectations, family environment, and career exposure did not show a significant effect on students' career interest. Additionally, internship effectiveness was not found to moderate or strengthen the relationship between these factors and accounting students' career interest.

Kata Kunci : Motivasi, Minat Karir, Efektivitas Magang

  1. S1-2025-473388-abstract.pdf  
  2. S1-2025-473388-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-473388-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-473388-title.pdf