Laporkan Masalah

Komunikasi Guru Kepada Orang Tua Pada Sekolah Menengah Pertama

FUSSILAT, Theresia Novi Poespita Candra, S.Psi., M,Si., Ph.D., Psikolog

2025 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Kerjasama guru dengan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses belajar anak. Faktor yang paling mendasar dalam membangun kerjasama antara guru dan orang tua adalah komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika komunikasi yang guru lakukan kepada orang tua khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di sebuah SMP Negeri di Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Partisipan utama dalam peneltian ini adalah tiga guru wali kelas dan melibatkan dua partisipan pendukung yaitu guru BK dan wakil kesiswaan di salah satu SMP Negeri di Ciracas, Jakarta Timur. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam semi-terstruktur dan studi dokumen kemudian di analisis menggunakan strategi analisis tematik. Studi ini menemukan tiga tema utama yaitu berupa tanggung jawab dalam bekerjasama, proses komunikasi dan dampak komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai orang tua kedua yang memiliki tanggung jawab dengan cara saling bekerjasama dengan orang tua demi kebaikan anak. Guru merasakan dengan adanya komunikasi yang ‘’’berjalan lancar dengan orang tua akan berberdampak baik bagi penambah data atau informasi mengenai siswa dan juga penentuan solusi terbaik bagi siswa yang bermasalah

Collaboration between teachers and parents is essential in the learning process of children. The most fundamental factor in establishing this collaboration is communication. This study aims to explore the dynamics of communication between teachers and parents, specifically at the junior high school level in a public school in Ciracas, East Jakarta. The research utilizes a qualitative approach with an intrinsic case study design. The primary participants in this study include three homeroom teachers, with two supporting participants: a school counselor and a student affairs representative from a public junior high school in Ciracas, East Jakarta. Data were collected through semi-structured in-depth interviews and document analysis, followed by thematic analysis. The study identifies three key themes: responsibility in collaboration, communication processes, and the impact of communication. The findings suggest that teachers, as secondary parents, share responsibility and collaborate with parents for the benefit of the child. Teachers perceive that effective communication with parents leads to positive outcomes, including enhanced data and information about students and the identification of the best solutions for students facing challenges.

Kata Kunci : Komunikasi, Guru, Orang tua

  1. S2-2025-466707-abstract.pdf  
  2. S2-2025-466707-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-466707-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-466707-title.pdf