Laporkan Masalah

PERBANDINGAN LUKA PADA KORBAN KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL PADA INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP Dr SARDJITO PADA PERIODE 2019-2023

Laelatul Qurtubi, dr. Beta Ahlam Gizela, Sp.FM(K).,DFM (;) dr. Rizka Humardewayanti Asdie, Sp.PD - KPTI

2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER

Latar Belakang : Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian yang tidak disengaja yang melibatkan kendaraan atau pengguna jalan lain, sering kali mengakibatkan korban atau kerugian harta benda. Di Indonesia, jumlah kecelakaan lalu lintas terus meningkat, terutama di kalangan pengguna sepeda motor. Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022, terdapat 7.830 kasus kecelakaan. Faktor penyebab kecelakaan meliputi aspek manusia, kendaraan, lingkungan, dan cuaca.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan jenis dan lokasi luka pada korban kecelakaan lalu lintas antara sepeda motor dan mobil, menganalisis perbandingan antara penggunaan alat keselamatan dengan lokasi luka pada korban kecelakaan, serta mengidentifikasi perbandingan lokasi luka berdasarkan posisi korban sebagai pengemudi atau penumpang.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif observasional dengan desain penelitian rancangan cross sectional. Menggunakan data sekunder dari rekam medis pasien kecelakaan lalu lintas yang ditangani instalasi gawat darurat RSUP Dr Sardjito periode Januari 2019 - Desember 2023. Kemudian dianalisis dengan chi square.
Hasil: Penelitian ini menemukan 238 kasus kecelakaan lalu lintas, dengan mayoritas melibatkan pengguna sepeda motor. Korban didominasi laki-laki berusia 17–25 tahun, sebagian besar pelajar atau mahasiswa. Luka tumpul pada kepala dan ekstremitas lebih sering terjadi pada pengendara motor, sementara luka tajam di kepala dan dada lebih umum pada pengguna mobil. Penggunaan alat keselamatan memengaruhi lokasi luka, serta posisi korban di mana pengemudi lebih sering mengalami luka di kepala dan penumpang mengalami luka di dada.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam jenis, lokasi,jumlah luka antara pengguna sepeda motor dan mobil. Luka tumpul lebih sering terjadi pada pengguna sepeda motor, sementara luka tajam lebih umum pada pengguna mobil. Mayoritas pada pasien kecelakaan lalu lintas mengalami jumlah luka tunggal Korban didominasi laki-laki berusia 17–25 tahun dengan status pelajar/mahasiswa. Penggunaan alat keselamatan mengurangi keparahan luka, dan posisi korban memengaruhi lokasi luka, di mana pengemudi lebih sering mengalami luka di kepala sedangkan penumpang mengalami luka dada.
Kata kunci : Kecelakaan lalu lintas, jenis luka, lokasi luka, sepeda motor,mobil, penggunaan alat keselamatan, posisi pasien, RSUP Dr Sardjito

Background: Traffic accidents are unintentional incidents involving vehicles or

other road users, often resulting in casualties or property damage. In Indonesia, the

number of traffic accidents continues to rise, particularly among motorcycle users.

According to data from the Yogyakarta Regional Police in 2022, there were 7,830

accident cases. The causes of accidents include human factors, vehicle conditions,

environmental factors, and weather conditions.

Objective: This study aims to compare the types and locations of injuries in traffic

accident victims between motorcycles and cars, analyze the relationship between

safety equipment usage and injury location, and identify injury location differences

based on the victim's position as a driver or passenger.

Method: This study uses a descriptive observational design with a cross-sectional

research approach. It utilizes secondary data from the medical records of traffic

accident patients treated at the emergency department of RSUP Dr. Sardjito from

January 2019 to December 2023. The data were then analyzed using the chi-square

test.

Results: This study found 238 traffic accident cases, with the majority involving

motorcycle users. Victims were predominantly male, aged 17–25, and mostly

students. Blunt injuries to the head and extremities were more common among

motorcyclists, while sharp injuries to the head and chest were more frequent among

car users. The use of safety equipment influenced the location of injuries, and the

victim's position, with drivers more often sustaining head injuries and passengers

experiencing chest injuries.

Conclusion: This study shows a significant difference in the type and location of

injuries between motorcycle and car users. Blunt injuries were more common among

motorcyclists, while sharp injuries were more frequent among car users. The majority

of victims were male, aged 17–25, and students. The use of safety equipment reduced

the severity of injuries, and the victim's position affected injury location, with drivers

more often sustaining head injuries, while passengers experienced chest injuries.

Keywords: Traffic accidents, types of injuries, injury locations, motorcycles, cars,

safety equipment, patient position, Dr. Sardjito General Hospital

Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas, jenis luka, lokasi luka, sepeda motor,mobil, penggunaan alat keselamatan, posisi pasien, RSUP Dr Sardjito

  1. S1-2025-481723-abstract.pdf  
  2. S1-2025-481723-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-481723-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-481723-title.pdf