Analisis kelayakan angkutan udara rute penerbangan Jog-Bdj-Jog :: Studi kasus PT. Bouraq Indonesia Airlines
RAHIMUDIN, Dr.Ir. Sigit Priyanto, MSc
2004 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiRute penerbangan Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta merupakan salah satu rute penerbangan potensial untuk diterbangi secara komersial. Pemilihan rute penerbangan baru menjadi sangat penting sebagai bahan penelitian karena dapat menentukan keunggulan suatu perusahaan penerbangan dalam mengambil potensial market penumpang yang ada. Sampai saat ini rute penerbangan Jogjakarta-Banjarmasin- Jogjakarta belum diterbangi oleh airlines padahal memiliki potensial market yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan rute penerbangan Jogjakarta- Banjarmasin-Jogjakarta berdasarkan analisis operasi, permintaan penumpang dan biaya operasional penerbangan dengan menggunakan model permintaan penumpang pesawat udara rute Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta. Model persamaan demand penumpang ditentukan dengan menganalisis data historis permintaan penumpang Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta melalui metode regresi linear berganda. Model persamaan ini disusun untuk memperkirakan permintaan jumlah penumpang tahunan Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta sebagai variabel bebas dan sebagai variabel terikat adalah jumlah penumpang total di Jogjakarta-Banjarmasin- Jogjakarta, PDRB perkapita (Produk domestik regional brutto) dan pendapatan perkapita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa permintaan penumpang pesawat udara Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta pada tahun 2004 adalah 42% untu rute Jogjakarta- Banjarmasin dan 45% untuk rute Banjarmasin-Jogjakarta. BEP (Break Event Point) dapat tercapai pada tarif sub class adalah dengan rata-rata penumpang 60% sehingga dalam rute penerbangan ini layak untuk diterbangi secara komersial pada tahun 2006 untuk rute Jogjakarta-Banjarmasin dengan total penumpang 17.820 orang dan untuk rute Banjarmasin-Jogjakarta pada tahun 2007 dengan jumlah penumpang 20.189 orang.Analisis operasional lama penerbangan Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta adalah 1 jam 4 menit sehingga total lama penerbangan adalah 2 jam 8 menit dengan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan adalah 7.984 Kg untuk fuel onboard dan trip fuel sebanyak 3.470 Kg. Analisis financial menunjukkan bahwa total biaya operasional penerbangan rute Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta adalah $US 3.243 atau dengan kurs Rp. 9.000,- sebesar Rp. 29.191.320.
Route air transport of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta represent one of the potential air transport route of flown commercially. The choice of new air transport route become of vital importance upon which because can determine excellence an airline in taking is potential of existing passenger market. Till now route air transport of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta not yet been flown by airlines though have potentially of good enough market. This research aim to elegibility of route air transport of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta pursuant to operation analysis, request of air transport operating expenses and passenger by using model request passenger of aeroplane of route of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta. Model equation of passenger demand determined with historical data of request passenger of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta passthrough multiple linear regression method. this Equation model is made arrangements for to estimate request of annual passenger amount of Jogjakarta- Banjarmasin-Jogjakarta as free variable and as variable tied is the amount of total passenger in Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta, PDRB ( Domestic Product of regional brutto) and earnings of perkapita. Result of other research of shown that request of passenger of aeroplane of Jogjakarta- Banjarmasin-Jogjakarta in the year 2004 is 42% route untu of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta and 45% for the route of Jogjakarta-Banjarmasin-Jogjakarta. BEP ( Break Event Point) can reach by sub tariff of class is with passenger mean 60% so that in this competent air transport route to be flown commercially is in the year 2006 for the route of Jogjakarta-Banjarmasin totally passenger 17.820 people and for the route of Banjarmasin-Jogjakarta in the year 2007 with amount of passenger 20.189 people. Operationally time of air transport of Jogjakarta-Banjarmasin- Jogjakarta is 1 hour 4 minute so that totalize air transport time is 2 hour 8 minute with fuel consumption the required is 7.984 Kg for the fuel of and onboard and for trip fuel counted 3.470 Kg. By financial total cost of operational air transport of route of Jogjakarta-Banjarmasin- Jogjakarta is $ US 3.243 or with rate of Rp. 9.000,- equal to Rp. 29.191.320.
Kata Kunci : Angkutan Udara,Kelayakan Rute