INJURY IN UNDERAGE MOTORCYCLE ACCIDENTS AT RSUP DR. SARDJITO IN 2022 – 2023
Lukas Dimas Daely, dr. Yudha Nurhantari, Sp.F., Ph.D.;dr. Luthfi Hidayat, Sp.OT(K)
2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Latar Belakang : Kecelakaan lalu lintas jalan raya telah menjadi penyebab utama kematian pada cedera yang tidak disengaja, dan penyebab utama Disability-Adjusted Life Years terkait cedera. 92?ri seluruh kecelakaan lalu lintas terjadi di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Angka kecelakaan tertinggi terjadi di negara-negara Asia Tenggara, dengan 28?ban kecelakaan lalu lintas jalan raya terjadi secara global. Di Indonesia, 73?ri total kecelakaan lalu lintas berasal dari kecelakaan sepeda motor. Banyak pengendara sepeda motor di bawah umur yang mengaku melakukan perilaku berisiko, seperti tidak memakai perlengkapan yang sesuai, tidak menggunakan lampu indikator saat berbelok, dan lain-lain. Dari sudut pandang ortopedi, trauma menjadi faktor utama kematian anak dan remaja. Penting untuk memahami korelasi antara cedera dan faktor-faktor yang mempengaruhi anak-anak dan remaja.
Tujuan : Untuk meneliti profil cedera pengendara motor dibawah umur.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode analitis observasional dengan rancangan studi cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari RSUP Dr. Sardjito Januari 2022 – Desember 2023.
Hasil: Dari 90 pengendara motor dibawah umur, ditemukan bahwa rata-rata umur adalah 14,33. Selain itu, ditemukan profil cedera untuk masing-masing faktor yang mempengaruhi cedera dari kecelakaan lalu lintas. Ditemukan juga tidak adanya hubungan antara umur dan faktor-faktor yang mempengaruhi cedera dari kecelakaan lalu lintas
Kesimpulan : Adanya profil cedera untuk pengendara motor dibawah umur, beserta tidak adanya korelasi antara umur dan faktor-faktor yang mempengaruhi cedera.
Background : Road traffic accidents have become the leading cause for death in unintentional injuries, and the leading cause of injury-related Disability-Adjusted Life Years. 92% of all road traffic accidents come from low and middle income countries. It can be seen highest in Southeastern Asia countries, with 28% of road traffic injury burden globally. In Indonesia, 73% of the total traffic accidents comes from motorcycle accidents. Many young motorcyclists commiting underage motorcycle riding have admitted to having been following risky behaviors, such as not wearing appropriate equipment, not using indicator lamp when turning, and others. Through the perspective of orthopedics, trauma has been a main factor in children and adolescents’ mortality. Therefore, it’s important to understand the correlation between injuries and factors affecting children and adolescents.
Objective : To study the correlation between factors of road traffic accidents and injuries.
Method : The research uses observational analytical study, with cross-sectional research design. The research uses secondary data from RSUP Dr. Sardjito January 2022 - December 2023.
Result : From 90 cases of underage motorcycle riders road traffic accidents, the mean age were 14,33. The profile of injury in the motorcycle riders were found, and there were no correlation in-between age and factors affecting road traffic injuries, as the P-value were above 0,05.
Conclusion : Profile of injury in the motorcycle riders were presented, and there were no correlation with age and factors affecting road traffic injuries.
Kata Kunci : Severity of injury,road traffic injury,underage,motorcycle accidents,motorcycle riders