Peran Efikasi Diri Akademik Terhadap Kelelahan Akademik Dengan Mediasi Daya Apung Akademik
Ahmad Hanif Nur Yahya, Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog
2025 | Tesis | S2 Psikologi
Kegiatan belajar siswa dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat menimbulkan kelelahan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari efikasi diri akademik terhadap kelelahan akademik dengan mediasi daya apung akademik. Subjek dalam penelitian ini adalan 717 siswa sekolah menegah atas yang terdiri dari 173 laki-laki dan 544 perempuan. Instrumen yang digunakan meliputi School Burnout Inventory, The Academic Self Efficacy Scale, dan Academic Buoyancy Scale. Data dianalisis menggunakan metode statistik stuctural equation modeling melalui program Jamovi versi 2.5.3. Hasil penelitian menunjukkan peran dari efikasi diri akademik terhadap kelelahan akademik secara signifikan dimediasi oleh daya apung akademik. Kesimpulannya, efikasi diri akademik dan daya apung akademik adalah faktor penting dalam mencegah kelelahan akademik siswa. Institusi pendidikan perlu mengembangkan dukungan pendidikan dan intervensi untuk meningkatkan efikasi diri akademik dan daya apung akademik.
Student learning activities face various challenges that can lead to academic burnout. This study aims to examine the role of academic self-efficacy on academic burnout, with academic buoyancy as a mediating factor. The subjects in this study were 717 high school students consisting of 173 males and 544 females. The instruments used included the School Burnout Inventory, the Academic Self-Efficacy Scale, and the Academic Buoyancy Scale. Data were analyzed using the structural equation modeling statistical method through the Jamovi program version 2.5.3. The results showed that the role of academic self-efficacy on academic burnout is significantly mediated by academic buoyancy. In conclusion, academic self-efficacy and academic buoyancy are crucial factors in preventing students’ academic burnout. Educational institutions need to develop educational support and interventions to enhance academic self-efficacy and academic buoyancy.
Kata Kunci : Daya Apung Akademik, Efikasi Diri Akademik, Kelelahan Akademik, Siswa