Laporkan Masalah

Kajian tarif angkutan antar jemput sekolah di Yogyakarta :: Studi kasus TK/SD Budi Mulia Dua, TK/SD Syuhada, SD Ungaran dan SD Serayu

SULISTIYO, Aris, Ir. Dewanti, MS

2004 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Dalam memenuhi sebagian kegiatan dalam sebuah rumah tangga terhadap kebutuhan akan perjalanannya, beberapa rumah tangga mengandalkan jasa angkutan antar jemput sekolah bagi anggota keluarganya. Tarif yang diberlakukan pada jenis angkutan ini berdasarkan kesepakatan antara pengguna jasa dengan penyedia jasa, Pemerintah belum mengatur masalah operasional termasuk sistem tarif. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan angkutan antar jemput sekolah, maka untuk pengembangan ke depan perlu penanganan secara profesional dengan manajemen yang baik, perlu bagi pemilik untuk mengetahui dasar-dasar penetapan tarif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tarif saat ini dengan besaran tarif berdasarkan biaya operasi kendaraan, mengetahui kemampuan responden sebagai pelanggan jasa angkutan untuk membayar jasa pelayanan yang diterimanya berdasar penghasilan yang dianggap ideal serta untuk mengetahui kesediaan responden untuk mengeluarkan imbalan atas jasa yang diterimanya. Penelitian menggunakan metode survei lapangan terhadap karakteristik kendaraan dan operasionalnya serta komponen biaya kendaraan, wawancara kepada pengemudi dan wawancara kepada orang tua murid dengan teknik Stated Preference. Analisis dilakukan terhadap biaya operasi kendaraan, analisis Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tarif angkutan antar jemput sekolah di TK/SD Budi Mulia Dua, TK/SD Syuhada, SD Ungaran dan SD Serayu lebih rendah dari hasil perhitungan running cost, kecuali pada golongan tarif Rp.200.000,- dan Rp.250.000,- untuk jasa angkutan yang dikelola sekolah dan golongan tarif Rp.175.000,- untuk jasa angkutan yang tidak dikelola sekolah. Kemampuan dan kesediaan membayar responden lebih tinggi dari tarif saat ini. Kemampuan membayar responden dominan pada kesediaan membayar minimum dan maksimum pada skenario VI dan I. Skenario VI menggunakan kendaraan baru sedangkan pada skenario I kondisi seperti saat ini. Dengan demikian, bagi penyedia jasa hal ini merupakan suatu peluang usaha untuk mengusahakan jasa angkutan antar jemput sekolah dengan menggunakan kendaraan baru. Perlunya keterlibatan pihak sekolah untuk pengaturan, pengawasan dan pembinaan jasa angkutan antar jemput sekolah terutama dalam penetapan tarif.

The fulfill one of some household needs on the transportation sector; some households rely on the subscriber school transportation service for their family. The prevailing fare for this transportation is based on the agreement between the users and the service providers. The government has not managed the operational problem of the subscriber school transportation service yet, including the regulation fare. In order to increase the service quality of the subscriber school transportation, the future development of it’s service requires a professional and good management, therefore the service providers has to understand the basic principles of the regulation fare. This research has three purposes; the first is to compare the prevailing fare with the fare which is based on the operational cost of vehicles, the second is to find out the ability to pay of respondents for service that they have received related to the ideal income, and the last is to know the willingness to pay of users to spend their money for the service that they have enjoyed. This research employed the field survey method to observe the characteristics, the component and the operational cost of vehicles, and also interviewed the drivers and students’ parents using stated preference technique. Analysis was done toward the operational cost of vehicles, the Ability To Pay (ATP) analysis, and the Willingness To Pay (WTP) analysis. The result of this research shows that the subscriber school transportation fare at TK/SD Budi Mulia Dua, TK/SD Syuhada, SD Ungaran, and SD Serayu, is lower than the counted fare based on the running cost calculation, except in the fare group of 200,000 rupiahs and 250,000 rupiahs in public service which is organized by school and the fare group of 175,000 rupiahs in public service which is not organized by school, this is conditional characteristics. The respondents ability to pay and willingness to pay are higher than the prevailing fare. The respondents ability to pay is closest to the scenario VI and I of the minimum and maximum of the respondent s willingness to pay. The scenario VI is to use the new car, on the other hand the scenario I is the existing condition. Furthermore, this is a business chance for the service provider to develop public service of the subscriber school transportation by using the new car. It needs involving of the school management involvement to organize, monitor and develop of public service of the subscriber school transportation particularly in fare decision.

Kata Kunci : Angkutan ANtar Jemput Sekolah,Kajian Tarif, subscriber school transportation, operational cost of vehicles, ability to pay, willingness to pay


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.