Laporkan Masalah

Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Siswa Kelas X dan XI SMAN 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 Tentang Perundungan

Bilqis Saptira Maulia, dr. Wikan Basworo, Sp.F ; dr. Idha Arfianti Wiraagni, Sp.FM., MSc., Ph.D

2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER

Latar Belakang: Data  dari UNESCO Institute for Statistics pada tahun 2018 menyatakan hampir satu per tiga remaja muda di seluruh dunia mengalami perundungan (UNESCO, 2018). Selain itu, Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) yang diambil oleh KemenPPPA pada tahun 2018 menyatakan bahwa dua per tiga anak berusia 13-17 tahun pernah mengalami setidaknya satu jenis kekerasan selama hidupnya dan ¾-nya melaporkan bahwa pelaku kekerasan adalah teman atau sebayanya. Dari survei tersebut menunjukkan bahwa kasus perundungan antar pelajar masih kerap terjadi baik secara global maupun nasional. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pengetahuan dasar dan menganalisis pengaruh pemberian edukasi terhadap perubahan pengetahuan siswa kelas X dan XI di SMAN 3 Surakarta tentang perundungan. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain quasi experimental one group pre-test post-test. Populasi penelitian adalah 800 pelajar kelas X dan XI SMA Negeri 3 Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan total sampel sebesar 98 murid setelah dihitung menggunakan rumus Slovin. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah pelajar kelas X dan XI SMAN 3 Surakarta dengan rentang usia 13-17 tahun. Mereka yang menolak mengikuti studi ini akan diekslusi dari penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner pre-test dan post-test. Analisis data yang dilakukan berupa analisis univariat dan bivariat menggunakan SPSS version 27. Hasil: Gambaran pengetahuan tentang perundungan pada siswa kelas X dan XI SMAN 3 Surakarta mengalami peningkatan rata-rata (mean) dari 7,83 pada sebelum diberikan edukasi (pre-test) menjadi 8,76 setelah diberikan edukasi (post-test). Hasil uji analisis Wilcoxon Signed Ranked Test setelah diberikan edukasi mengenai perundungan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perundungan dengan bukti p-value (0,001) < ? (0,05). Kesimpulan: Gambaran pengetahuan dasar tentang perundungan pada siswa kelas X dan XI SMAN 3 Surakarta berada pada kategori tinggi. Pemberian edukasi mengenai perundungan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan pengetahuan siswa-siswi kelas X dan XI SMAN 3 Surakarta mengenai perundungan.

Background: Cases of bullying between students still occur frequently both globally and nationally. Globally, 1/3 of adolescents around the world experience bullying (UNESCO, 2018). In addition, survey in Indonesia taken by KemenPPPA (2018) shows that 2/3 of children aged 13-17 years have experienced at least one type of violence and 3/4 of them reported that the perperators were their friends.Objectives: To describe the basic knowledge and analyze the effect of education on changes in knowledge of students in grades X and XI at SMAN 3 Surakarta about bullying.Methods: This is quantitative research with a quasi experimental one group pretest-posttest design. The study population was students in grades X and XI of SMAN 3 Surakarta with a total sample of 98 students. The inclusion criteria in this study are 13-17 years students in grades X and XI of SMAN 3 Surakarta. Those who refused to participate in this study will be excluded. Univariate and bivariate analysis was conducted using SPSS version 27. Results: The knowledge about bullying in class X and XI students of SMAN 3 Surakarta has increased in mean from 7.83 to 8.76. There is significant effect of education on changes in respondents' knowledge about bullying with evidence of p-value (0.001) < ? (0.05). Suggestion: It is hoped that education about bullying for teenagers will be more encouraged so that it can increase teenagers' knowledge about bullying and reduce the incidence of bullying.

Kata Kunci : Edukasi, Pengetahuan, Perundungan, Siswa, Remaja

  1. S1-2024-479797-abstract.pdf  
  2. S1-2024-479797-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-479797-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-479797-title.pdf