Laporkan Masalah

Kajian perkembangan fisik sepanjang ruas jalan By Pass Kota Kendari

HAJRAH, Sitti, Ir. Leksono Probo Subanu, MURP.,Ph.D

2004 | Tesis | Magister Perencanaan Kota dan Daerah

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan fisik yang terjadi di sepanjang ruas jalan by pass Kota Kendari sebelum dan sesudah konstruksi jalan by pass dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hal ini dianggap penting karena pembangunan jalan by pass pada tahun 1987 dan perkembangan lahan terbangun yang mengikuti berfungsinya jalan ini diikuti pula oleh terdegradasinya hutan mangrove di sekitarnya serta tumbuhnya penggunaan lahan yang bersifat urban. Penelitian ini menggunakan metoda deskriptif analitik dengan telaah kajian teoritis dan empiris yang mencakup penelitian di tingkat wilayah dan di tingkat rumah tangga. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan didukung metode kuantitatif. Sampel yang diteliti adalah sebanyak 99 kepala keluarga yang menetap di sepanjang ruas jalan by pass yang dipilih dengan teknik cluster random sampling atas tiga lokasi (ruas jalan) yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode waktu 1985-2003 di wilayah penelitian telah terjadi perubahan penggunaan lahan dari lahan tidak terbangun (hutan, kebun, mangrove, rawa, padang rumput) menjadi lahan terbangun (permukiman, fasilitas sosial dan fasilitas ekonomi). Pengurangan lahan hutan mangrove yang merupakan kawasan konsevasi terutama disebabkan pembangunan jalan by pass yang diikuti pekembangan lahan terbangun di sepanjang ruasnya. Adapun perkembangan lahan terbangun pada tiga ruas jalan by pass terjadi dalam waktu yang berbeda. Pola perkembangan lahan terbangun yang terjadi adalah pola perembetan yang memanjang/linear. Perkembangan fisik yang terjadi tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja tetapi merupakan hasil interaksi beberapa faktor yaitu aspek kependudukan, perekonomian kota dan rumah tangga, aspek transportasi, fasilitas dan utilitas kota, topografi, dan Kebijakan Pemerintah Daerah.

This research aims to describe physical development that occurred along by-pass road of the City of Kendari before and after its the construction, and to study the factors influencing it. This research is important because the development of this road in 1987 and the growth of built up areas after its operation has been followed by the degradation of mangrove forest and the emergence of urban land uses. This research employs a descriptive analytical method based on empirical and theoretical reviews that include observations at regional and household levels. Data analysis was done by means of descriptive method and was supported by quantitative analyses. The sample consisted of 99 households residing along the road, which were selected randomly from 3 clusters of households created along the road. The research showed that a change of land use from wooded and agricultural land (forest, farm, mangrove forest, swamp, grassland) to built up land (settlement, social and economic facilities) had occurred during the 1985-2003 period. The degradation of mangrove forest, which was designated conservation area, was caused by the development of the by pass road followed by the growth of built up lands along its sections. Meanwhile, the development of built up land in three road sections took place in different times. The pattern of built up land follows a linear pattern. The physical development resulted from an interaction among different factors such as population dynamics, urban and household economy, transportation, urban facility and utility, topography, and Regional Government Policy.

Kata Kunci : Perkembangan Fisik,Ruas Jalan By Pass


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.