Laporkan Masalah

INTERVENSI PSIKOLOGIS BAGI INDIVIDU DENGAN DISLEKSIA: SEBUAH SCOPING REVIEW

Deshinta Savira Ilmawati, Prof. Dra. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog

2025 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap temuan-temuan berdasarkan literatur yang tersedia terkait intervensi psikologis pada individu dengan dyslexiaDengan melakukan tinjauan literatur menggunakan metode scoping review, penelitian ini berusaha untuk melakukan analisis terhadap artikel penelitian mengenai intervensi psikologis pada individu dengan disleksia. Protokol yang disusun mengacu pada JBI Manual for Evidence Synthesis dan akan didaftarkan melalui Open Science Framework (OSF) untuk menghindari duplikasi. Proses penilaian literatur akan dilakukan dalam dua tahapan yaitu seleksi judul beserta abstrak kemudian dilanjutkan seleksi full-text. Temuan artikel akan diseleksi dan diekstraksi secara prosedural oleh dua reviewer secara terpisah. Hasil temuan data dianalisis secara deksriptif statistik dan analisis isi kualitatif dasar yang memungkinkan proses evaluasi terhadap bukti-bukti tersedia dalam artikel berdasarkan ruang lingkup yang dipelajari. Seluruh proses scoping review akan disesuaikan dan dilaporkan melalui diagram alur (flowchart) berdasarkan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis for Scoping Review (PRISMA-ScR). 

This study aims to map findings based on available literature regarding the use of psychological intervention for dyslexia. The findings are expected to give an information about the distribution of the use of psychological intervention for dyslexia. The study uses a literature review methodology that is focused on scoping review. The literature selection and data extraction will be carried out independently by two main reviewers. The data analysis technique used are descriptive statistics and basic qualitative content analysis to answer the research questions. The entire scoping review process will be adjusted and reported through a flowchart based on the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis for Scoping Review (PRISMA-ScR). 

Kata Kunci : Disleksia, Intervensi Psikologis, Scoping Review

  1. S2-2025-485577-abstract.pdf  
  2. S2-2025-485577-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-485577-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-485577-title.pdf