Laporkan Masalah

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Game-Repro Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi

Anjas Upi Rachmawati, Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D. S ; Widyawati, S.Kp., M.Kes., Ph.D

2025 | Tesis | S2 Magister Keperawatan

latar belakang: Data di Indonesia menunjukkan banyak remaja yang terlibat dalam perilaku seksual beresiko, termasuk seks pranikah. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, karena hanya 25,1% remaja yang menerima penyuluhan tentang kesehatan reproduksi. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dengan memberikan edukasi menggunakan game, yang dapat menarik perhatian remaja dalam pembelajaran. Aplikasi Game-repro diharapkan dapat menjadi media pendidikan kesehatan yang dapat membantu remaja memahami kesehatan reproduksi. 

Tujuan untuk mengetahui pengaruh game-repro terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol non ekuivalen. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2024 dengan jumlah sampel 102 responden, masing-masing kelompok 51 responden. Menggunakan instrumen aplikasi game-repro dan kuesioner pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi yang telah diuji validitas dan reabilitas. Data dianalisis menggunakan wilcoxon, paired t-test, mann whitney, t-independent untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan aplikasi selama 2 minggu.

Hasil : Pada penelitian ini hasil nilai pre test pengetahuan pada kelompok intervensi nilai median sebesar 10(5-14) dan nilai median post test 15(13-15) dengan selisih sebesar 4(1-10) nilai p<0>pre test 10 (2-14) dan nilai median post test 14 (3-15) dan nilai selisih 3 (0-9) dengan nilai p<0>pre test 42,08 dan nilai mean post test 46,00 dengan peningkatan sebesar 3,92 dan nilai p<0>pre test 41,51 dan nilai mean post test 43,29 terdapat peningkatan sikap sebesar 1,78 dengan p=0,003 hasil menunjukkan bahwa ada perubahan dalam variabel sikap responden di kelompok kontrol setelah intervensi.

Kesimpulan : Remaja perlu mendapatkan informasi penting tentang kesehatan reproduksi terutama tentang penyakit menular seksual dari berbagai sumber atau remaja dapat melihat ulang materi melalui aplikasi game-repro .

Background: In Indonesia, data shows that many adolescents are involved in risky sexual behavior, including premarital sex. Lack of knowledge about reproductive health, because only 25.1% of adolescents received counseling about reproductive health. One approach that can be done by providing education using games, which can attract the attention of adolescents in learning. The game-repro application is expected to be a health education media that can help adolescents understand reproductive health.

Objective: To determine the effect of game-repro on adolescents' knowledge and attitude about reproductive health.

Methods: This study used a quasy experiment method with a non-equivalent control group design. The research was conducted in July-August 2024 with a total sample of 102 respondents, each group of 51 respondents. Using game-repro application instruments and knowledge and attitude questionnaires about reproductive health that have been tested for validity and reliability. Data were analyzed using wilcoxon, paired t-test, mann whitney, t-independent to determine the level of knowledge and attitudes before and after being given health education using the application for 2 weeks.

Results: In this study, the results of the pre-test knowledge value in the intervention group had a median value of 10 (5-14) and a median post-test value of 15 (13-15) with a difference of 4 (1-10) p value <0>pre-test median value 10 (2-14) and post-test median value 14 (3-15) and a difference value of 3 (0-9) with a value of p <0>pre-test value of 42.08 and a mean post-test value of 46.00 with an increase of 3.92 and a value of p<0>pre-test value was 41.51 and the mean post-test value 43.29 there was an increase in attitude of 1.78 with p=0.003 the results showed that there was a change in the attitude variable of respondents in the control group after the intervention.

Conclusion: Adolescents need to get important information about reproductive health, especially about sexually transmitted diseases from various sources or adolescents can review the material through game-repro applications.

Keywords: game application, knowledge, attitude, adolescent reproductive health.

Kata Kunci : Aplikasi game, pengetahuan, sikap, kesehatan reproduksi remaja.

  1. S2-2025-502265-abstract.pdf  
  2. S2-2025-502265-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-502265-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-502265-title.pdf