Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Game-Repro Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi
Anjas Upi Rachmawati, Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D. S ; Widyawati, S.Kp., M.Kes., Ph.D
2025 | Tesis | S2 Magister Keperawatan
latar belakang: Data di Indonesia menunjukkan banyak remaja yang terlibat dalam perilaku seksual beresiko, termasuk seks pranikah. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, karena hanya 25,1% remaja yang menerima penyuluhan tentang kesehatan reproduksi. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dengan memberikan edukasi menggunakan game, yang dapat menarik perhatian remaja dalam pembelajaran. Aplikasi Game-repro diharapkan dapat menjadi media pendidikan kesehatan yang dapat membantu remaja memahami kesehatan reproduksi.
Tujuan untuk mengetahui pengaruh game-repro terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol non ekuivalen. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2024 dengan jumlah sampel 102 responden, masing-masing kelompok 51 responden. Menggunakan instrumen aplikasi game-repro
dan kuesioner pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi yang telah diuji validitas dan reabilitas. Data dianalisis menggunakan wilcoxon, paired t-test, mann whitney, t-independent untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan aplikasi selama 2 minggu.
Hasil : Pada penelitian ini hasil nilai pre test pengetahuan pada kelompok intervensi nilai median sebesar 10(5-14) dan nilai median post test 15(13-15) dengan selisih sebesar 4(1-10) nilai p<0>pre test 10 (2-14) dan nilai median post test 14 (3-15) dan nilai selisih 3 (0-9) dengan nilai p<0>pre test 42,08 dan nilai mean post test 46,00 dengan peningkatan sebesar 3,92 dan nilai p<0>pre test 41,51 dan nilai mean post test 43,29 terdapat peningkatan sikap sebesar 1,78 dengan p=0,003 hasil menunjukkan bahwa ada perubahan dalam variabel sikap responden di kelompok kontrol setelah intervensi.
Kesimpulan : Remaja perlu mendapatkan informasi penting tentang kesehatan reproduksi terutama tentang penyakit menular seksual dari berbagai sumber atau remaja dapat melihat ulang materi melalui aplikasi game-repro .
Background: In Indonesia, data shows that many
adolescents are involved in risky sexual behavior, including premarital sex.
Lack of knowledge about reproductive health, because only 25.1% of adolescents
received counseling about reproductive health. One approach that can be done by
providing education using games, which can attract the attention of adolescents
in learning. The game-repro application is expected to be a health
education media that can help adolescents understand reproductive health.
Objective: To determine the effect of game-repro on
adolescents' knowledge and attitude about reproductive health.
Methods: This study used a quasy experiment method
with a non-equivalent control group design. The research was
conducted in July-August 2024 with a total sample of 102 respondents, each
group of 51 respondents. Using game-repro application instruments and
knowledge and attitude questionnaires about reproductive health that have been
tested for validity and reliability. Data were analyzed using wilcoxon,
paired t-test, mann whitney, t-independent to determine the level of
knowledge and attitudes before and after being given health education using the
application for 2 weeks.
Results: In this study, the results of the pre-test
knowledge value in the intervention group had a median value of 10 (5-14)
and a median post-test value of 15 (13-15) with a difference of 4 (1-10)
p value <0>pre-test median value 10 (2-14) and post-test median value 14
(3-15) and a difference value of 3 (0-9) with a value of p <0>pre-test value
of 42.08 and a mean post-test value of 46.00 with an increase of 3.92
and a value of p<0>pre-test value
was 41.51 and the mean post-test value 43.29 there was an increase in
attitude of 1.78 with p=0.003 the results showed that there was a change in the
attitude variable of respondents in the control group after the intervention.
Conclusion: Adolescents need to get important
information about reproductive health, especially about sexually transmitted
diseases from various sources or adolescents can review the material through game-repro
applications.
Keywords: game application, knowledge, attitude, adolescent reproductive health.
Kata Kunci : Aplikasi game, pengetahuan, sikap, kesehatan reproduksi remaja.