ANALISIS KEUNGGULAN KORPORAT PADA INKA MULTI SOLUSI GRUP MELALUI PENDEKATAN STRATEGIC FIT DAN SINERGI ANTAR UNIT BISNIS
Reza Dennyza Satriawan, Prof. Amin Wibowo, MBA., Ph.D.
2025 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini berkaitan dengan evaluasi strategi diversifikasi yang diterapkan oleh korporasi. Korporasi yang menjadi objek penelitian ini adalah IMS Grup yang memiliki empat unit bisnis yaitu, INKA Multi Solusi atau IMS, IMS Service atau IMSS, IMS Trading atau IMST, IMS Consulting atau IMSC. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan melihat kontribusi dari setiap unit bisnis IMS Grup terhadap nilai tambah bagi perusahaan secara keseluruhan serta mengevaluasi strategi diversifikasi yang diterapkan oleh IMS Grup terhadap pencapaian keunggulan korporat.
Instrumen analisis yang pakai dalam penelitian ini adalah analisis rantai nilai (value chain) yang dilanjutkan dengan analisis sinergi yang terjadi antar unit bisnis tersebut yang pada akhirnya dapat disimpulkan apakah strategi diversifikasi yang dijalankan IMS Grup sudah mampu mengarahkan perusahaan untuk mencapai keunggulan korporat atau belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat unit bisnis IMS Grup dapat menghasikan nilai tambah untuk perusahaan secara menyeluruh dengan terciptanya strategic fit antar unit bisnis dalam bentuk sharing resources, transfer skill, cross-business collaboration, dan cost efficiency. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa strategi diversifikasi yang diterapkan oleh IMS Grup sudah mampu mengarahan perusahaan untuk mencapai keunggulan korporat melalui sinergi antar unit bisnis dalam bentuk shared know-how, shared tangible resources, pooled negotiating power, dan coordinated strategies. Keunggulan korporat pada IMS Grup juga terjadi karena adanya kesesuaian antara unit-unit bisnis yang dijalankan dengan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, adanya koordinasi yang baik antar unit bisnis, serta sistem kontrol yang tepat dijalankan oleh perusahaan.
This research is realated to evaluating diversification strategies implemented by corporations. The corporation that is the object of this research is IMS Group which has four business units, namely, INKA Multi Solusi or IMS, IMS Service or IMSS, IMS Trading or IMST, IMS Consulting or IMSC. The aim of this research is to analyze the contribution of each IMS Group business unit to the added value for the company as a whole and evaluate the diversification strategy carried out by the IMS Group towards achieving corporate advantage.
The analytical instrument used in this research is value chain analysis which is then continued with an analysis of the synergies that occur between the business units, which in the end can be concluded whether the diversification strategy implemented by IMS Group has been able to direct the company to achieve corporate advantage or not. The results of this research show that the four IMS Group business units are able to generate added value for the company as a whole by creating strategic fit between business units in the form of resource sharing, skill transfer, cross-business collaboration, and cost efficiency. Apart from that, the results of the analysis also show that the diversification strategy implemented by IMS Group has been able to direct the company to achieve corporate advantage through synergy between business units in the form of shared know-how, shared tangible resources, pooled negotiating power, and coordinated strategies. Corporate advantage at IMS Group is also created due to the compatibility between the business units run and the resources owned by the company, good coordination between business units, and the right control system implemented by the company.
Kata Kunci : Korporasi, diversifikasi, value chain, sinergi, corporate advantage