Strategi pemasaran makanan sehat CV. Healthy Diet Catering di Jogjakarta
PRABOWO, Prakosa Agung, Prof.Dr.Ir. Masyhuri
2004 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisTujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi implementasi strategi pemasaran, , mengidentifikasi dan menganalisa faktor kekuatan kelemahan yang dimiliki dan faktor peluang ancaman yang dihadapi Healthy Diet Catering di Jogjakarta . Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2004. Evaluasi strategi pemasaran pada Healthy Diet Catering dilakukan dengan metode deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats ), yang dipakai untuk mengidentifikasi faktor kekuatan kelemahan internal perusahaan dan ancaman peluang eksternal lingkungan. Hasil analisis kemudian digambarkan dalam kuadran SWOT dan dinterprestasikan pada matriks SWOT,sehingga bisa diperlihatkan posisi dan arah perkembangan perusahaan dan alternatif strategi yang bisa diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian diperlihatkan bahwa Healthy Diet Catering belum menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Masih terdapat banyak faktor kekuatan dan faktor peluang yang belum dimanfaatkan dalam strategi pemasaran . Diperlukan pengembangan strategi dan atau strategi baru yang lebih sesuai dengan kondisi perusahaan dan lingkungan industri ,dengan dasar pengoptimalan semua faktor kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan, sehingga mampu meningkatkan jumlah pelanggan dan mendukung peningkatan usaha yang dilakukan.
The objectives of the research are to evaluate the implementation of the marketing strategies of Healthy Diet Catering, and to identify as well as analyze the strength weakness factors of the company and opportunity threat factors faced by the company in Yogyakarta. The research was done in March 2004. The evaluation to the marketing strategies of Healthy Diet Catering is done under the method of descriptive analyses. The method of data collection is done with interviews, observations, and literature studies. The data analysis method uses the SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats) analysis. The SWOT analysis as the data analysis which is used to identify the company’s internal strength weakness factors as well as the surrounding external threat opportunity factors. The results of the analyses are described in the SWOT quadrant and then interpreted on the SWOT matrix. That way, the position and direction of the company’s growth and applicable strategy alternatives can be elaborated. The results of the research show that Healthy Diet Catering has not applied accurate marketing strategies. There are still a number of opportunity factors that have not been used in the company’s marketing strategy. Some strategy developments or some new strategies are needed to go better with the company’s conditions and the industrial environment conditions based on the optimalization of every strength and opportunity factor of the company. That is so that the company can increase the number of customers and support the business developments to have done.
Kata Kunci : Agribisnis,Strategi Pemasaran,Produk Makanan