Laporkan Masalah

Strategi pemasaran ekspor udang lobster CV Duta Bahari Denpasar

KADDAS, Fatmawati, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2004 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT terhadap CV. Duta Bahari Denpasar untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan sehingga dapat diketahui posisi perusahaan saat ini dan merumuskan strategi ekspor pemasaran yang seharusnya diterapkan. Metode analisis data yang dipergunakan yaitu dengan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan di masa mendatang. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang dilakukan pada lingkungan eksternal maupun internal, diketahui perusahaan berada pada kuadran I. Posisi ini menunjukkan perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan, perusahaan mempunyai kekuatan dan peluang sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang/kesempatan yang ada sebaik-baiknya. Strategi yang diterapkan pada kondisi ini adalah strategi yang mengarah pada pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy) yaitu dengan melaksanakan strategi SO pada matrik SWOT. Strategi SO yang diterapkan oleh CV Duta Bahari Denpasar yaitu tingkatkan kualitas produk udang lobster untuk memenuhi permintaan dan selera konsumen di pasar internasional maupun pasaran lokal, perluasan saluran distribusi di daerah sendiri dan kenegara-negara berkembang dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam mengelolah operasional perusahaan secara global

The objectives of this research are: (1) to do / to conduct the analysis AWOT at CV Duta Bahari Denpasar, (2) to identify all factors, like opportunity, threat, strength and weakness of the company, so that company position knowable at this time, and (3) to formulate the marketing export strategy should be applied. The data analysis methods used is SWOT matrix analysis, so that marketing strategy which is done / conducted by company determinable in the future. Based on the result of SWOT analysis, which is done / conducted at external and also internal environment, the company set at quadrant 1 (one). This position shows that the company set in beneficial on course, Mean that the company have the strength and opportunity so that company can exploit the opportunity / existing opportunity as well as possible. Strategy applied at this condition is strategy which is by instructing at aggressive growth, meant that executing strategy SO at matrix SWOT. Strategy SO, which is applied by company, is improving the quality of in iternational market and also local market, axtension of distribution channel in area by product of lobster to fulfill request and consumer appetite self and to nations expand and make-up the quality of human resource to manage company operation globally.

Kata Kunci : Agribisnis,Strategi Pemasaran,Ekspor Udang Lobster


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.