Laporkan Masalah

Strategi pemasaran susu operasi Susu Warga Mulya Yogyakarta

PUTRA, Putu Udyana Arjasa, Dr.Ir. Slamet Hartono, MSc

2004 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman produk susu Koperasi Susu Warga Mulya; (2) Menentukan strategi pemasaran berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang dihadapi oleh Koperasi Susu Warga Mulya. Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Koperasi Susu Warga Mulya masih sesuai dengan kondisi lingkungan saat ini dan strategi pemasaran yang di masa mendatang akan mendukung kebijakan pertumbuhan agresif; (2) Posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Penelitian dilaksanakan di Koperasi Susu Warga Mulya Jl. Palagan Tentara Pelajar, Bunder, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian adalah pihak manajemen koperasi yaitu Ketua I, Ketua II, Manajer Koperasi, dan bagian produksi susu segar dan susu pasteurisasi. Analisis data menggunakan analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Melalui analisis SWOTdapat diketahui posisi perusahaan saat ini, dan dapat ditentukan strategi pemasaran yang dilakukan di masa mendatang. Berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran yang telah dilakukan dengan mengguanakan analisis SWOT, posisi pemasaran susu pada Koperasi Susu Warga Mulya Yogyakarta berada pada kuadran I, yaitu memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancamannya, serta strategi pemasaran susu Koperasi Susu Warga Mulya Yogyakarta masih relevan dengan perubahan lingkungan saat ini. Strategi yang diterapkan dimasa mendatang adalah strategi intensif atau pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluangnya, melalui pemeliharaan kualitas produk, peningkatan kemampuan produksi, pengembangan skala usaha, peningkatan ketersediaan bahan baku

This research was aimed to (1) identify the strength and the weakness, and the opportunities and threat of milk product at milk cooperatif of “Warga Mulya”; (2) determine the marketing strategy based on the internal and external condition faced by the cooperatif. The hypothesis proposed was: (1) the marketing strategy implemented by the cooperation was still appropriate to the environmental condition at this moment and the future marketing strategy would support the policy of aggressive growth; (2) The company’s position was at the quadrant I, using the power to benefit the chance. The research was performed at the milk cooperatif of “Warga Mulyo”, Jl. Palagan Tentara Pelajar, Bunder, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Jogjakarta. The method used was descriptive and the subject of research was the cooperative management, namely the Leader I and II, Manager of Cooperatif, and the division of fresh and pasteurization milk production. The data analysis used was the internal and external environment, and SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats). Through SWOT analysis, it could be found out the company’s position at this moment, and determined the marketing strategy performed in the future. Based on this result of marketing strategy that had been performed by using SWOT analysis, the position of milk marketing at milk cooperatif of “Warga Mulya” Yogyakarta was at thequadrant I, had the greater strength and opportunities compared with its weakness and threat. And the milk marketing strategy of cooperatif was still relevant to the change of environment at this moment. The strategy implementedin the future was the intensive or aggressive growth (Growth Oriented Strategy) by using the strength to benefit its opportunities, through the maintenance of product quality, the improvement of product ability, the development of effort in scale, improving the availability of raw material

Kata Kunci : Agribisnis,Strategi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.