Pengaruh loyalitas konsumen terhadap permintaan mie instan merek indomie di Kota Yogyakarta
LISTIARINI, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc
2004 | Tesis | Magister ManajemenPelanggan yang loyal adalah pelanggan yang dibutuhkan oleh semua perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa. Pelanggan yang loyal dapat meningkatkan laba perusahaan. Peningkatan laba tersebut diperoleh dari pembelian yang mereka lakukan secara berulang-ulang. Biasanya pelanggan akan loyal pada satu atau beberapa merek yang mereka anggap memiliki kualitas yang balk, dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini memiliki tema tentang pengaruh loyalitas konsumen terhadap konsumsi suatu merek. Dalam ha1 ini merek yang digunakan adalah merek consumer goods mie instant, yaitu indomie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antar tiap tahapan elemen loyalitas, yang terdiri dari loyalitas kognitif, loyalitas afektif, loyalitas konatif dan loyalitas tindakan. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar tiap tahapan elemen loyalitas tersebut adalah analisis korelasi (correlation) dan regresi sederhana (simple regression). Selain itu peneliti menggunakan uji t dan uji F untuk mengetahui hubungan cause-effect antar variabel loyalitas yang diajukan. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ada hubungan serta ada pen& yang cukup kuat dan sirmifikan antar tiap tahapan elemen loyalitas &an tetapi, apabila perusahaan tetap tidak ingin ditinggalkan oleh pelanggannya, sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan lagi promosi penjualannya, dan juga tetap mengontrol pendistribusian barang tersebut.
The loyal customer is customer improved by all company who produce goods or services. The loyal customer can improve company profit, The profit improvement is obtained fiom purchasing which they do by repeatedly. Usually customer will loyal at one or some brands which they assume it have good quality and can fulfil1 their desire and requirement. The theme of ths research is consumer loyalty to a brand. In this case the consumer brand is "indomie", the brand instant noodles. Objective of this research is to analysis influence between every element of loyalty, that consist of cognitive loyalty, affective loyalty, conation loyalty and action loyalty, and also to analysis cognitive loyalty element (confidence), affective loyalty (attitude), and cognitive loyalty (motive) and also action loyalty or consumer behavior to brand loyalty (deputized by time of consumption ) instant noodles brand of indomie. Research design is survey through nonprobability sampling methods. And an analytical method used is simple regression and correlation analysis. Also researcher .use F test and t test to know cause-effect relation between loyalty variable. The result of analysis indicating that there is strong enough lnfluence and relations between every loyalty element step (cognitive, affective, conation and action). However, if companies do not wish to be left by customer, company must have better more improving in sales promotion, and also keep control the goods ?UPPlY.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Loyalitas Konsumen,Mie Instan, Kepuasan konsumen, merek, Consumer satisfaction, Customer loyalty, Brand