Measuring organizational culture traits of Kandatel Pekalongan
SUDIANA, Kiki, Dr. Hani Handoko, MBA
2004 | Tesis | Magister ManajemenBanyak para ahli menyatakan bahwa budaya organisasi memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan eksekusi strategi perusahaan, bahkan menjadi salah satu sumber keunggulan bersaing perusahaan Perusahaan-perusahaan yang memiliki budaya yang kuat (dan positif) akan memiliki kinerja bisnis yang baik pula. Denison (2000) telah menemukan empat traits yang menjadi predictor kuat terhadap kinerja perusahaan seperti: Pertumbuhan penjualan, Kualitas, Laba, Kepuasan karyawan, Return on Sales dan Return on Asset. Traits yang dimaksud Involvement, Consistency, Adaptability dan Mission Mengingat sedemikian pentingnya bagi perusahaan untuk memiliki budaya yang positif dan kuat tersebut, maka thesis ini bermaksud untuk mengukur intensitas keberadaan traits yang dimaksudkan oleh Denison diatas pada Kandatel Pekalongan, yang berada di Divisi Regional IV PT Telekomunikasi Indonesia. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam studi ini adalah DOCS (Denison Organization Cultural Survey). Studi menunjukan bahwa Kandatel tersebut memiliki Involvement dengan skor 3.92, Consistency: 3.53, Adaptability: 3.23 dan Mission: 3.86 pada skala 5.00. Skor index yang paling lemah pada traits Adaptability adalah Creating Change, yaitu sebesar 2.66, padahal keberadaan index ini merupakan prasyarat utama bagi dilakukannya peningkatan dan perubahan.
Many experts stated that organizational culture plays such an important role in strategy execution or even become source of competitive advantage. Firms with strong and positive culture would enjoy higher business performance. Denison (2000) discovered four cultural traits that become strong predictor of bottom line performance such as: Sales growth, Quality, Profits, Employee satisfaction, Return on Sales and Return on Asset. Those traits are: Involvement, Consistency, Adaptability and Mission. Since it is important for a company to possess the strong and positive culture, this thesis aimed to measure those traits of Denison in Kandatel Pekalongan, a business unit under Regional Division IV of PT Telekomunikasi Indonesia. The study was using DOCS (Denison Organization Cultural Survey) as the main instrument. The study showed that the Kandatel had an Involvement scored 3.92, Consistency: 3.53, Adaptability: 3.23 and Mission: 3.86 on a 5.00 scale. The lowest score for Adaptability traits is Creating Change index, which is 2.66, though this index is a very important element to start a series of change effort.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Budaya Organisasi,Denison, Budaya organisasi, Traits, Index, Creating change