Laporkan Masalah

“Apakah Norma Sosial Cukup Disampaikan Melalui Pesan Tertulis?”: Eksperimen Menggunakan Pendekatan Norma Sosial Terhadap Sampah Makanan Pada Mahasiswa

Muhammad Rezkyandar, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Psikologi

Fenomena food waste atau sampah makanan adalah masalah global yang berdampak besar pada lingkungan, ekonomi, dan sosial. Selain membebani ekonomi, sampah makanan juga menghasilkan emisi gas metana yang mempercepat perubahan iklim. Sampah makanan berasal tidak hanya dari pengolahan makanan, tetapi juga dari konsumen. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas intervensi berbasis norma sosial terhadap sikap mahasiswa sebagai konsumen terkait sampah makanan dengan desain eksperimen post-test only with control group. Partisipan dibagi ke dalam tiga kondisi: pesan norma deskriptif, pesan norma injungtif, dan kelompok kontrol. Hasil uji one-way ANOVA menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara ketiga kelompok (p = 0,168), meskipun terdapat indikasi efek praktis dalam perubahan sikap. Walau hasil uji hipotesis tidak signifikan, penelitian ini memberikan wawasan praktis mengenai mekanisme intervensi berbasis norma sosial dalam lingkungan eksperimen yang terstruktur. Temuan ini menekankan pentingnya durasi pesan yang lebih panjang, pengulangan pesan, dan keragaman sampel dalam penelitian lanjutan untuk memperluas relevansi dan efektivitas temuan. Penelitian ini, dengan konteks dan kondisi yang spesifik, dapat berkontribusi sebagai referensi penting untuk mengembangkan strategi intervensi norma sosial yang lebih efektif, sekaligus menjadi dasar untuk eksplorasi lebih lanjut dalam mengoptimalkan perubahan sikap terhadap isu keberlanjutan, khususnya sampah makanan. 

The phenomenon of food waste is a global problem with major environmental, economic and social impacts. In addition to burdening the economy, food waste also produces methane gas emissions that accelerate climate change. Food waste comes not only from food processors, but also from consumers. This study aims to test the effectiveness of a social norms-based intervention on student attitudes as consumers regarding food waste with a post-test only with control group experimental design. Participants were divided into three conditions: descriptive norm message, injunctive norm message, and control group. The results of the one-way ANOVA test showed no significant difference between the three groups (p = 0.168), although there was an indication of a practical effect in attitude change. This insignificance can be explained by several factors, such as the limited sample size, the research design that relied only on post-test, the short duration of exposure to the messages, and the overly structured instructions that minimized the authenticity of the social norms. Practical implications and recommendations for future research include developing a more comprehensive intervention design that considers duration, message repetition, and sample diversity. 

Kata Kunci : Food waste, attitude, social norm, descriptive norm, injunctive norm

  1. S2-2024-509583-abstract.pdf  
  2. S2-2024-509583-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-509583-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-509583-title.pdf