Laporkan Masalah

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Imersif

Muhammad Arsyad Ikbar, Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D.; Dr. Eng. Silmi Fauziati, S.T., M.T.

2025 | Skripsi | TEKNOLOGI INFORMASI

    Dalam konteks pendidikan, teknologi informasi mempermudah murid maupun guru untuk mengakses media pembelajaran yang ingin dipelajari. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat menjadi media belajar yang efektif adalah aplikasi mobile, seperti pada pengembangan aplikasi Anaries. Aplikasi Anaries yang berawal dari aplikasi berbasis web telah dikembangkan sampai ke tahap  wireframe. Tahapan ini tentunya belum cukup mengingat masih banyak keterbatasan aplikasi, yakni keterbatasan pengguna untuk mengakses wireframe prototipe aplikasi dan penerapan fitur teknologi imersif perangkat mobile yang belum dikembangkan. 

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan wireframe prototipe aplikasi pembelajaran anatomi kepala "Anaries" yang dijalankan pada perangkat mobile. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode Agile development dengan Android Studio, dan akan menambahkan fitur teknologi imersif yang dirasa lebih cocok untuk digunakan pada perangkat mobile dibanding fitur yang dijanjikan pada prototipe.

    Aplikasi Anaries mobile yang dikembangkan dan siap digunakan kemudian dievaluasi dengan instrumen pengujian pengguna yakni, System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian SUS kepada 6 responden menunjukan ”Excellent” yakni 83,33%. Sedangkan hasil pengujian UEQ kepada responden yang sama menunjukan skor ”Excellent” pada setiap variabel.  Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai media belajar ringan atau dikembangkan lebih lanjut pada proyek atau penelitian selanjutnya.

In the educational context, technology makes it easier for students and teachers to access the learning media they want to learn. The technology that can be an effective learning medium is mobile applications, such as in the development of the Anaries application. The Anaries application, which started as a web-based application, has been developed to the wireframe stage. This stage is certainly not enough considering that there are still many limitations to the application, namely the limitations of users accessing the application prototype wireframe and the implementation of immersive technology features of mobile devices that have not been developed. 

This study aims to develop a prototype wireframe of the "Anaries" head anatomy learning application that runs on mobile devices. The application is developed using the Agile development method with Android Studio. It will add immersive technology features considered more suitable for use on mobile devices than the features promised in the prototype.

Anaries Mobile Application that has been developed and ready to use was then evaluated using the System Usability Scale (SUS) and User Experience Questionnaire (UEQ) testing instruments. The SUS test results show “Excellent” namely 83.33%. Meanwhile, the UEQ test results show each variable's "Excellent" score. Hopefully, this application can be used as a light learning medium or developed further in the next project or study.

Kata Kunci : Touch Screen, Interactive Games, Designing Software, Agile Software Development, Mobile Phone, Android Anatomy, Learning Media, Anaries

  1. S1-2025-446783-abstract.pdf  
  2. S1-2025-446783-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-446783-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-446783-title.pdf