EVALUASI KONDISI GEOLOGI TEKNIK DAN ANALISIS STABILITAS LERENG PADA PORTAL INLET TEROWONGAN JL. SULTAN ALIMUDIN - JL. KAKAP KOTA SAMARINDA
Wieta Martiane, Ir. I Gde Budi Indrawan, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM.; Prof. Dr. Ir. Ferian Anggara, S.T., M.Eng., IPM
2025 | Tesis | S2 Teknik Geologi
Tesis ini mengevaluasi kondisi geologi teknik dan analisis kestabilan lereng di portal inlet terowongan Jl. Sultan Alimuddin – Jl. Kakap, Samarinda. Fokus penelitian mencakup karakteristik geoteknik di area tersebut, metode penggalian dan sistem penyangga yang direkomendasikan berdasarkan klasifikasi Rock Mass Rating (RMR) dan Japan Society of Civil Engineers (JSCE), serta stabilitas lereng di portal inlet terowongan menggunakan metode kesetimbangan batas.
Hasil penelitian menunjukkan wilayah penelitian terbagi menjadi tiga unit geomorfologi utama, yaitu Punggungan Aluvial Berlereng Landai, Perbukitan Koluvial Berlereng Curam, dan Perbukitan Struktural Berlereng Terjal, yang masing-masing memiliki potensi risiko genangan air, erosi, dan longsor. Kualitas batuan di wilayah tersebut diukur menggunakan metode RMR dan JSCE, yang menunjukkan variasi dari buruk hingga sedang. Batuan dengan kualitas buruk membutuhkan metode penggalian yang hati-hati dan penggunaan sistem penyangga yang lebih kuat, sementara batuan dengan kualitas sedang memungkinkan penggalian yang lebih efisien dengan penyesuaian metode dan perkuatan yang lebih ringan.
Evaluasi stabilitas lereng portal inlet terowongan menggunakan metode Limit Equilibrium menunjukkan bahwa faktor keamanan untuk kondisi beban dinamis lebih besar dari nilai minimum yang disyaratkan. Hal ini menunjukkan bahwa lereng memiliki kestabilan yang cukup untuk menahan gaya dinamis seperti gempa bumi. Penelitian ini juga sejalan dengan penelitian terdahulu, meskipun ada perbedaan kondisi batuan dari perkiraan awal, yang memerlukan beberapa penyesuaian metode penggalian dan sistem penyangga.
This thesis evaluates the engineering geology conditions and slope stability analysis at the tunnel inlet portal located on Jl. Sultan Alimuddin – Jl. Kakap, Samarinda. The research focuses on the geotechnical characteristics of the area, recommended excavation methods and support systems based on Rock Mass Rating (RMR) and Japan Society of Civil Engineers (JSCE) classifications, as well as the slope stability at the tunnel inlet portal using the limit equilibrium method.
The study results indicate that the research area is divided into three main geomorphological units: the Gently Sloping Alluvial Ridge, the Steep-Sloped Colluvial Hills, and the Steep-Sloped Structural Hills. Each unit presents potential risks such as waterlogging, erosion, and landslides. The rock quality in the area, assessed using RMR and JSCE methods, ranges from poor to fair. Poor-quality rocks require cautious excavation methods and the use of stronger support systems, while fair-quality rocks allow for more efficient excavation with adjustments to methods and lighter reinforcement.
Slope stability evaluation at the tunnel inlet portal using the Limit Equilibrium Method shows that the safety factor under dynamic load conditions exceeds the minimum required value. This indicates that the slope has sufficient stability to withstand dynamic forces such as earthquakes. This study aligns with previous research, although there are differences in the actual rock conditions compared to initial estimates, necessitating some adjustments to excavation methods and support systems.
Kata Kunci : stabilitas lereng, metode penggalian, geologi teknik, RMR dan JSCE