Laporkan Masalah

Analisis karakteristik pendengar Radio Remaja MTV on Sky

ARUM, Cut Rahayu Mustika, Dr. B.M. Purwanto, MBA

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh kelompok usia remaja dan dewasa adalah mendengarkan radio. Untuk itu, memahami karakteristik dan perilaku konsumen pendengar radio merupakan salah satu bagian dari upaya merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pendengar Radio MTV on Sky berdasarkan perilaku, kegemaran, keingintahuan, dan pendapat remaja sesuai dengan perkembangan zaman. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik responden pendengar Radio MTV on Sky adalah kelompok usia remaja antara 17 – 19 tahun, dengan tingkat penghasilan rata-rata antara Rp. 250.000 – Rp. 500.000 dan masih tinggal bersama orang tua. Sesuai dengan tingkat usianya, sebagian besar responden menyukai kegiatan mengisi waktu luang dengan menonton TV, jalan ke mal, nonton film dan belanja. Kebiasaan mendengarkan radio memberikan perubahan terhadap perilaku responden dimana mereka bisa menjadi lebih gembira, berpikiran terbuka, modern dan inovatif. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gaya hidup dan perilaku pendengar, Radio MTV on Sky sebaiknya melakukan penelitian secara lebih komprehensif dengan sampel yang variatif.

One of the most favorite activity for teenagers and adult people is radio listening. Therefore, understanding the characteristic and consumer behavior of radio listeners is an integral part in formulating an effective marketing strategy. The research is aimed to identify the characteristic of MTV on Sky Radio listeners based-on their behaviors, hobbies, interests and opinions. Data analyses showed that most of MTV on Sky Radio listeners are teenager (17 – 19 years old), with average expenditure ranged from Rp. 250.000 – Rp. 500.000 and living with their parents. Respondents spent their free time for these following activities: watching TV, sight seeing to mal, going to the movie and shopping. Radio listening affected the change of respondent behaviors such as more happy, open minded, modern and innovative. Further study is needed in order to know more detail about life-style and listener behavior. MTV on Sky Radio should undertake comprehensive research with more varied sample.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen,Gaya Hidup Remaja, demographic, life style, personality

  1. S2-2004-CutRahayuMustikaArum-Bibliography.pdf  
  2. S2-2004-CutRahayuMustikaArum-Bibliography1.pdf  
  3. S2-2004-CutRahayuMustikaArum-Title.pdf