Laporkan Masalah

Motivasi Belajar, Usaha Belajar, dan Prestasi Akdemik Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM

SALSABILLA KUSUMA MAHARANI, Dr. Wenny Artanty Nisman, S.Kep., Ners., M.Kes.; Dr. Akhmadi, S.Kp., M.Kes., M.Kep., Sp.Kep.Kom.

2025 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang : Motivasi merupakan salah satu hal penting yang dapat mendukung kegiatan belajar terlebih pada pendidikan kesehatan. Adanya motivasi dapat mendorong individu untuk memberikan usaha lebih untuk mendapatkan prestasi akademik yang baik. Mahasiswa RPL PSIK FK-KMK UGM adalah mahasiswa yang sudah bekerja dan mayoritas sudah berkeluarga. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar dan performa dalam berkuliah.

Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran motivasi belajar, usaha belajar, dan prestasi akademik mahasiswa RPL PSIK FK-KMK UGM.

Metode : Merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden merupakan 46 mahasiswa RPL PSIK FK-KM UGM angkatan 2021 dan 2022 yang masih aktif pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Motivasi belajar diukur dengan kuesioner Academic Motivation Scale (AMS) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan usaha belajar dilihat dari jam belajar diluar jam kuliah. Prestasi akademik dilihat dari nilai Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa.

Hasil : Lebih dari 70% mahasiswa memiliki tingkat motivasi tinggi pada dimensi IMTA, IMTK, IMTE, IR, dan INR. 47.8% mahasiswa memiliki tingkat ER tinggi. 69.6% mahasiswa memiliki tingkat amotivasi rendah

Kesimpulan : Mayoritas mahasiswa RPL PSIK angkatan 2021 dan 2022 memiliki motivasi instrinsik dan ekstrinsik tinggi serta amotivasi yang rendah. Mahasiswa lebih termotivasi secara intrinsik daripada secara ekstrinsik

Background : Motivation is one of the essential thing that support the learning activity moreover in a health studies. Motivation can encourage individuals to put in more effort to obtain good academic achievements. RPL students in nursing departments of FK-KMK UGM are students that also working as nurse and most of them have already married. That condition may affect student’s motivation to learn and academic performance

Objectives : This research aims are to understand the description of motivation to learn, students’s effort, and academic achievement among RPL student in nursing departments of FK-KMK UGM

Methods : This is a quantitative research with cross sectional design. Using 46 students from class of 2021 and 2022 RPL students in nursing departments of FKKMK UGM that still active in the odd semester of the academic year 2024/2025. AMS is use to measure the motivation to learn, student’s efforts seen from the amount of time spent to study beside time at school. Academic achievement seen from the GPA.

Results : More than 70% of the respondents have high IMTK, IMTA, IMTE, IR, and INR. 47.8% of respondents have high ER. 69.6% of the respondents have low amotivation

Conclusion : Majority of RPL student in nursing department of FK-KMK UGM have high intrinsic and extrinsic motivation with low amotivation. The student tend to intrinsically motivated extrinsically.

Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi akademik, usaha belajar

  1. S1-2025-458855-abstract.pdf  
  2. S1-2025-458855-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-458855-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-458855-title.pdf