Laporkan Masalah

Analisis strategi PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan

PRIHANTO, Agus Bekti, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal dari PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi. Sehingga dapat dirumuskan strategi bersaing yang tepat untuk merespon perubahan lingkungan yang cepat. Penelitian ini merupakan penelitian internships dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang dapat dipakai sebagai acuan dalam menentukan strategi. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi PT Pupuk Kaltim pada saat ini dengan competitive advantage low cost (cost leaderships strategy), locational advantage, economic of scale, cukup untuk merespon perubahan lingkungan. Strategi yang dapat diformulasikan untuk merespon perubahan lingkungan antara lain: (1) strategi jangka pendek dengan berorientasi pertumbuhan melalui rapid growth strategy dengan menggunakan kekuatan-kekuatannya untuk meraih peluang pasar domestik dan luar negeri; (2) strategi jangka panjang yang berorientasi pada diversifikasi dengan menggunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki PT Pupuk Kaltim untuk mengubah ancaman menjadi tantangan, dengan cara pengembangan dengan aras diversifikasi pabrik yang berbasis urea dan amoniak melalui concentric diversification strategy.

This research has purposely done in order to analyze and having an understanding of the internal and external environment that directly and indirectly that has influential to the activities of PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk as well as to get more depth divergence of opinion of factors that considered as the strength and weakness of the company. Such activities also to know the possible opportunities and threats that currently faced by the company. This thesis is an internship research using qualitative approach to describe internal and external environment as described hereinabove which eventually gives the impact to the company operation which can be use to determine the company’s future strategy. The result of analysis has proofed that current company’s strategy using what we called competitive advantage low cost (cost leadership strategy), location advantage, economic of scale has actually sufficient to respond the change of environment. A strategy that can be formulated to respond the change of environment such as: (1) Short term strategy that oriented by growing through rapid growth strategy that using all means of strength to reach domestic and export market;(2) Long term strategy that oriented to the diversification by using all means of strength that owned by the company to change the threat become a challenge , develop in line with the direction of manufacture diversification (downstream) that based on urea and ammonia as raw material through the concentric diversification strategy.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Perubahan Lingkungan,Analisis SWOT, SWOT analysis; Strategy; Environment change


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.