Laporkan Masalah

Analisis Dampak Diterapkannya Kebijakan Sistem Zonasi Sekolah Terhadap Peminat SMA Swasta di SMA Muhammadiyah 3 Pedan

Pradana Ramadhani Ilham Mustaqim, Dr. Mailinda Eka Yuniza, S.H., L.LM.

2024 | Skripsi | ILMU HUKUM

Penulisan hukum ini mengkaji tentang dampak diterapkannya kebijakan Sistem Zonasi Sekolah terhadap SMA Swasta di SMA Muhammadiyah 3 Pedan menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 jo Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 terhadap SMA Muhammadiyah 3 Pedan di Indonesia dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penurunan di SMA Muhammadiyah 3 Pedan serta upaya sekolah dan pemerintah dalam mengatasi permasalahan penyebab penurunan tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan metode normatif-empiris dan dilakukan dengan analisa data kualitatif yang menghasilkan faktor – faktor efektivitas berdasarkan atas penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan serta dijelaskan secara deskriptif.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SMA Muhammadiyah 3 Pedan telah mengalami penurunan jumlah siswa sejak tahun 2016 hingga 2024 dan menurun tajam pada tahun 2018 hingga 2024 akibat dari dampak kebijakan zonasi sekolah yang diterapkan pada tahun 2018 melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 jo Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Dengan penurunan tersebut, SMA Muhammadiyah 3 Pedan akhirnya berupaya untuk menaikkan daya saing bagi sekolah swasta dengan beberapa upaya yang dilakukan seperti peningkatan kualitas pendidikan, meningkatkan promosi dan pemasaran, mengadakan program beasiswa bersama pemerintah, dan melakukan komunikasi efektif bersama wali siswa. Selain itu, pemerintah juga turut serta dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memberikan bantuan dana melalui Bantuan Operasional Satuan Pendidikan disingkat BOSP reguler bagi sekolah swasta dan pemberian bantuan Program Indonesia Pintar yang disingkat PIP bagi siswa yang kurang mampu.

This legal writing examines the impact of the implementation of the School Zoning Policy on private high schools, particularly at SMA Muhammadiyah 3 Pedan, in accordance with the Ministry of Education and Culture Regulation Number 14 of 2018, as amended by Permendikbud Number 1 of 2021, and its effects on SMA Muhammadiyah 3 Pedan in Indonesia. The objective of this study is to identify the factors contributing to the decline in student enrollment at SMA Muhammadiyah 3 Pedan, as well as the efforts made by both the school and the government to address these issues.

This research was conducted using a normative-empirical method, with qualitative data analysis derived from both library research and field research, and is presented in a descriptive manner.

The results of the study conclude that SMA Muhammadiyah 3 Pedan has experienced a decline in student numbers from 2016 to 2024, with a sharp drop between 2018 and 2024, due to the impact of the school zoning policy that was introduced in 2018 through the Ministry of Education and Culture Regulation Number 14 of 2018, amended by Permendikbud Number 1 of 2021. As a result of this decline, SMA Muhammadiyah 3 Pedan has made efforts to increase its competitiveness as a private school. These efforts include improving the quality of education, enhancing promotion and marketing strategies, offering scholarship programs in collaboration with the government, and engaging in effective communication with students' parents. In addition, the government has also contributed to addressing these challenges by providing financial support through the School Operational Assistance (BOSP) program for private schools and the Indonesia Smart Program (PIP) for students from underprivileged backgrounds.

Kata Kunci : Penerapan, Zonasi Sekolah, Penurunan

  1. S1-2024-441879-abstract.pdf  
  2. S1-2024-441879-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-441879-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-441879-title.pdf  
  5. S1-2025-441879-abstract.pdf  
  6. S1-2025-441879-bibliography.pdf  
  7. S1-2025-441879-tableofcontent.pdf  
  8. S1-2025-441879-title.pdf