Evaluasi strategi pemasaran suku cadang sebagai salah satu strategi purna jual PT Hyundai Mobil Indonesia dalam meningkatkan nilai produk yang diterima konsumen
YUSTEJO, Willy Esa Putra, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc
2004 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Divisi Suku Cadang dan Aksesoris PT Hyundai Mobil Indonesia dalam meningkatkan nilai produk yang diterima konsumen. Pemilihan Divisi Suku Cadang dan Aksesoris dimaksudkan karena merupakan salah satu divisi yang bergerak di bidang layanan purna jual yang memiliki peran penting dalam penciptaan nilai produk. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bauran pemasaran (marketing mix) dan analisis internal--eksternal perusahaan (SWOT analysis). Setelah diketahui bauran pemasaran yang terefleksi dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan saluran distribusi (place), beserta analisis faktor-faktor kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternalnya maka ditentukan faktor-faktor kunci yang menjadi penentu kesuksesan PT Hyundai Mobil Indonesia. Selain itu juga dilakukan evaluasi strategi yang difokuskan pada strategi bersaing generik, strategi bersaing sebagai pendatang baru, dan strategi penciptaan nilai produk PT Hyundai Mobil Indonesia agar dapat diterima oleh konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki kekuatan internal dan peluang eksternal yang lebih dominan dibandingkan dengan kelemahan internal dan ancaman eksternalnya untuk dapat memenangkan persaingan bisnis di industri otomotif dan suku cadangnya. Keunggulan-keunggulan tersebut memungkinkan PT Hyundai Mobil Indonesia dapat mencapai kepuasan pelanggan melalui peningkatan nilai produk yang dihasilkannya.
This research aims to evaluate marketing strategy that had been implemented by Parts and Accessories Division of PT Hyundai Mobil Indonesia in case to enhance their products value in customer view. A reason to choose the division is based on their activities that concern in after sales service that has a great role in products value creation. Analysis that has been adopted in this research are marketing mix analysis and internal—external analysis of SWOT. After known the marketing mix that be reflected by their products, prices, promotions, and places, and also both internal strengths—weaknesses and external opportunities—threats, then it determine the key success factors. Otherwise, it also evaluates Hyundai’s business strategies, include generic competitive strategy, competitive strategy as a new comer, and value-added creation strategy so its products could be accepted by the customers. The result shows that PT Hyundai Mobil Indonesia has internal strengths and external opportunities greater than their internal weaknesses and external threats to win the business competition. Its advantages will help PT Hyundai Mobil Indonesia to improve their customer satisfaction continuously by its products and services.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Suku Cadang Mobil,Bauran Pemasaran, hyundai, automotive, marketing, marketing strategy, marketing mix, swot analysis, generic competitive strategy.