Analisis strategi bersaing PT Goodyear Indonesia Tbk. dalam persaingan industri ban mobil di Indonesia
MARTAKUSUMA A., Mohammad Tommy, Prof.Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.Com
2004 | Tesis | Magister ManajemenPerkembangan dunia usaha mengalami persaingan baru yang semakin tajam. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan harus membangun kompetensi perusahaan sehingga menciptakan suatu keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing perusahaan tidak selamanya dapat dipertahankan karena mengalami penyusutan/terkikis, oleh karena itu keunggulan bersaing yang diharapkan adalah yang berkelanjutan. Efektivitas perusahaan dengan menggunakan strategi bersaing dan pendapatan di atas rata-rata akan dapat dihasilkan apabila kompetensi inti dapat bertemu dengan peluang-peluang yang ada. PT Goodyear Indonesia Tbk. tidak terlepas dari usaha-usaha untuk terus memperbaiki dan mengevaluasi strateginya. Pengembangan strategi bisnis perlu di lakukan sehingga perusahaan memiliki kapabilitas dan kompetensi yang dapat menciptakan keunggulan bersaing perusahaan. Analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan strategik. Analisis lingkungan eksternal meliputi analisis lingkungan makro dan analisis lingkungan industri berdasarkan kerangka analisis lima keunggulan bersaing (five competitive forces). Sedangkan analisis lingkungan internal perusahaan menggunakan analisis rantai nilai (value chain). Selain itu analisis diamond untuk berkompetisi dalam lingkungan global. Formulasi strategi perusahaan dilakukan dengan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan, ancaman dan peluang, serta analisis keunggulan bersaing. Hasil penelitian menunjukkan strategi PT Goodyear Indonesia Tbk. yang tepat adalah strategi pertumbuhan (growth strategy) dengan kebijakan best-cost provider yang merupakan gabungan biaya rendah dan diferensiasi. Pemanfaatan kekuatan internal perusahaan seperti pada proses produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia dan teknologi dapat meningkatkan daya saing perusahaan di era globalisasi.
Business environment now is facing fierce competition. In order to deal with this, companies are pushed into the edge of their capabilities to develop corporate competencies, thus it will creates a competitive advantages. However, competitive cannot lasts forever, soon it will be scraped. That is why the concept of sustainable competitive advantage is essential for companies. Whenever, core competencies are fitted with opportunities, it is possible for a company to use competitive strategy and earns above average returns as the main tools for achieving corporate effectiveness. The strategy of PT Goodyear Indonesia Tbk. is continuously developed and evaluated. Developing business strategy is essentials for a company to have capabilities and competencies for creating competitive advantages. External and internal factors of analysis are conducted to examine the factors affecting decisionmaking process. External factors of analysis involve macro environment and industrial analysis based of five competitive forces. Internal factors of analysis involve value chain analysis. Global competition is also analyzed by using diamond technique of analysis. Strategic formulation conducted by using SWOT analysis to know the strengths, weaknesses, opportunities, and threats as well as analysis of competitive advantages. In conclusion this thesis shows that the best strategy for PT Goodyear Indonesia Tbk. are growth strategy with best cost-provider policy that will form a combination of low costs and differentiation. The strength of internal factors of the company like production process, marketing, human resources, and technology altogether are increasing global competitive forces of the company in the globalization era.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Industri Ban Mobil, Competitive Strategy - Competitive Advantage - Strategic Formulation.