Laporkan Masalah

Perbedaan Tingkat Kepuasan dan Hasil Belajar Mahasiswa antara Pembelajaran dengan Metode Daring dan Bauran

Ivana Graha Shavira, Mutiara Tirta P L Kusuma; Rahadyana Muslichah

2025 | Skripsi | GIZI KESEHATAN

Latar belakang: Program Studi Sarjana Gizi FK-KMK UGM menerapkan pembelajaran daring dan bauran sebagai adaptasi terhadap perubahan kebutuhan di masa pandemi COVID-19. Perubahan metode pembelajaran ini perlu dievaluasi dampaknya terhadap kepuasan dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat kepuasan dan hasil belajar antara mahasiswa yang menjalani pembelajaran dengan metode daring dan bauran. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional untuk membandingkan tingkat kepuasan dan hasil belajar antara dua kelompok mahasiswa pada mata kuliah Dasar Diklat Gizi (DDG). Data sekunder dari 166 mahasiswa (78 daring dan 88 bauran) dianalisis, meliputi data kepuasan dari kuesioner evaluasi mata kuliah yang valid dan reliabel serta data hasil belajar dari nilai akhir mata kuliah. Analisis dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U dengan tingkat signifikansi ? < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Background: The Undergraduate Nutrition Program at FK-KMK UGM implemented online and blended learning as an adaptation to changing needs during the COVID-19 pandemic. The impact of these learning methods on student satisfaction and learning outcomes needs to be evaluated. Objective: To determine the differences in satisfaction levels and learning outcomes between students undergoing online and blended learning methods. Methods: This study used an analytical cross-sectional design to compare satisfaction levels and learning outcomes between two groups of students in the Basic Nutrition Training (DDG) course. Secondary data from 166 students (78 online and 88 blended) were analyzed, including satisfaction data from a valid and reliable course evaluation questionnaire and learning outcome data from final course grades. Data analysis was conducted using the Mann-Whitney U test with a significance level of ? < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Kata Kunci : metode belajar, kepuasan mahasiswa, hasil belajar, pendidikan dietetik

  1. S1-2025-423791-abstract.pdf  
  2. S1-2025-423791-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-423791-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-423791-title.pdf