Laporkan Masalah

PENGARUH VIDEO EDUKASI RADIOGRAFI KEDOKTERAN GIGI DENGAN TAMBAHAN JURU BAHASA ISYARAT TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TUNARUNGU (Kajian di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri di Kabupaten Bantul)

Dulce Maria Vicario, drg. Ryna Dwi Yanuaryska, Ph.D ; drg. Silviana Farrah Diba, Sp. RKG (K)

2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI

        Radiografi kedokteran gigi merupakan bagian penting dalam prosedur perawatan gigi. Kurangnya pengetahuan mengenai radiografi kedokteran gigi dapat menimbulkan kecemasan dan rasa tidak nyaman saat dilakukan pemeriksaan. Media edukasi berupa video menjadi pilihan yang diminati karena dinilai lebih menarik dan lebih mudah disebarluaskan. Pada kelompok tunarungu, video konvensional lebih sulit dipahami. Oleh karena itu, perlu modifikasi video edukasi dengan penambahan juru bahasa isyarat.

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan radiografi kedokteran gigi siswa tunarungu SMPLB Negeri di Kabupaten Bantul setelah diberi video edukasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Responden dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa SMPLB Negeri di Bantul yang dipilih dengan metode total sampling. Tingkat pengetahuan siswa diukur menggunakan kuesioner yang diberikan sebanyak 3 kali, yaitu pretest sebelum ditayangkan video edukasi, posttest pertama pada hari yang sama setelah video edukasi ditayangkan, dan posttest kedua pada tiga hari setelah posttest pertama.Uji normalitas dilakukan dengan uji Saphiro-Wilk, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan uji Levene

    Hasil uji menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal dan homogen, sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji Friedman. Dari hasil uji hipotesis di atas, diperoleh hasil p > 0,05 yang artinya bahwa peningkatan skor tingkat pengetahuan tidak signifikan setelah diberi video edukasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan skor pengetahuan yang tidak signifikan setelah diberi video edukasi dengan juru bahasa isyarat.

        Dental radiography is an important part of dental treatment procedures. Lack of knowledge about dental radiography can cause anxiety. Educational media in the form of videos is a popular choice because it is more interesting. However, it is necessary to modify educational videos by adding sign language interpreters for deaf people. This study aims to determine the impact of dental radiography’s educational video with a sign language interpreter for knowledge on deaf students at state special junior high school in Bantul Regency.

        This study was a quantitative study with a one group pretest-posttest design. The respondents of the study were 40 students of state special Junior High Schools in Bantul Regency who were selected using the total sampling method. The level of student knowledge was measured using pretest before the video was shown, first posttest after the video was shown, and second posttest three days after the first posttest. The study used Shapiro-Wilk test and Levene test. 

        The results showed that the data were not normally distributed and homogeneous, so the hypothesis test was done using the Friedman test. The results of the hypothesis test was p > 0.05 which means that the increase in the level of knowledge score was not significant after being given an educational video. The conclusion of this study is that there is an insignificant increase in knowledge scores after being given an educational video with a sign language interpreter.

Kata Kunci : pengetahuan siswa , video edukasi , radiografi kedokteran gigi , siswa tunarungu

  1. S1-2025-473286-abstract.pdf  
  2. S1-2025-473286-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-473286-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-473286-title.pdf