Laporkan Masalah

Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Video Konvensional dan Virtual Reality Terhadap Persepsi Pemeriksaan Radiografis Gigi Pada Anak Usia 8-10 Tahun di SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta

Gilda Athalia Sitindaon, drg. Ryna Dwi Yanuaryska, Ph.D.; drg. Fitrina Rachmadanty Siregar, MPH

2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI

Pemeriksaan radiografi merupakan prosedur penting dalam praktik kedokteran gigi. Kurangnya pengetahuan mengenai pemeriksaan radiografis gigi dapat menimbulkan persepsi negatif, terutama pada anak-anak. Salah satu metode untuk meningkatkan pengetahuan adalah melalui media edukasi berbasis video. Video edukasi konvensional umumnya ditayangkan melalui proyektor, namun virtual reality (VR) dinilai lebih efektif karena dapat menyajikan lingkungan imersif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dan perbedaan pengaruh edukasi menggunakan media video konvensional dan VR terhadap persepsi pemeriksaan radiografis gigi pada anak usia 8-10 tahun di SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta. 

   Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode two group pre-test post-test. Responden berjumlah 102 siswa SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta yang dipilih melalui metode total sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok video konvensional dan VR. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner pernyataan tertutup dengan skala Likert, yang digunakan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) edukasi. Data yang diperoleh diuji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan menghasilkan data berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji parametrik paired sample T-test dan independent T-test dengan tingkat kepercayaan 95% (?=0,05).

Hasil uji paired sample T-test menunjukkan peningkatan persepsi yang signifikan (p<0>pre-test dan post-test pada kelompok video konvensional dan VR. Hasil uji independent T-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05) antara selisih skor pre-test dan post-test kelompok video konvensional dan VR. Hasil tersebut menunjukkan bahwa edukasi menggunakan media video konvensional dan VR keduanya efektif dalam meningkatkan persepsi positif mengenai pemeriksaan radiografis gigi pada anak usia 8-10 tahun meskipun tidak terdapat perbedaan pengaruh edukasi menggunakan media video konvensional dan VR.

Dental radiography is an important procedure in dental practice. Lack of knowledge about dental radiographic examination can cause negative perception, especially in children. One of the methods to increase knowledge is through video-based educational media. Conventional educational videos are generally shown through projectors, but virtual reality (VR) is considered more effective because it can present an immersive environment. This research aims to see the effect and differences in the effect of video-based education medias, between conventional media and VR, on the perception of dental radiographic examination in children aged 8-10 years at Jetisharjo Yogyakarta Public Elementary School.

 

This study is quantitative design with two group pre-test post-test method. The respondents were 102 students of SD Negeri Jetisharjo Yogyakarta who were selected through the total sampling method and divided into two groups, namely the conventional video and VR groups. The instrument used is a closed question questionnaire with a Likert scale, which is used before (pre-test) and after (post-test) education. The data obtained was tested for normality using the Kolmogorov-Smirnov test and produced a normally distributed data so that it was continued with a parametric test of paired sample T-test and independent T-test with a confidence level of 95% (?=0.05).

 

The results of the paired sample T-test test showed a significant increase in perception (p<0>0,05) between the pre-test and post-test scores of the conventional and VR video groups. The results show that education using conventional video media and VR are both effective in increasing positive perceptions of dental radiographic examinations in children aged 8-10 years although there is no differences in the influence of education between conventional video media and VR.

Kata Kunci : persepsi siswa, video edukasi, virtual reality, pemeriksaan radiografis gigi

  1. S1-2025-482705-abstract.pdf  
  2. S1-2025-482705-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-482705-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-482705-title.pdf