Pengaruh Atribut Agrowisata Terhadap Loyalitas Pengunjung Di Kampung Coklat Blitar
Allan Buddie Santoso, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto.SU. ; Prof. Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec
2025 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis
Perkembangan
sektor pariwisata di Indonesia menunjukkan peningkatan setiap tahunnya,
termasuk di Kota Blitar yang memiliki destinasi agrowisata Kampung Coklat
sebagai salah satu daya tarik wisata. Destinasi wisata ini memerlukan penerapan
komponen pariwisata 4A, yaitu Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, dan Ancillary,
untuk memastikan daya saing dan loyalitas pengunjung. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh komponen pariwisata 4A terhadap loyalitas wisatawan
dengan variabel mediasi brand love dan citra merek. Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan teknik incidental sampling dengan jumlah responden
sebanyak 150, dan data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa atraksi, aksesibilitas dan ancillary berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan, dengan brand love
dan citra merek berperan sebagai variabel mediasi, sedangkan amenitas kurang
dapat dijelaskan dengan baik dalam penelitian ini
The
development of the tourism sector in Indonesia has shown an increase each year,
including in Blitar City, which has the Kampung Coklat agrotourism destination
as one of its attractions. This tourist destination requires the implementation
of the 4A tourism components: Attractions, Amenities, Accessibility, and
Ancillary, to ensure competitiveness and visitor loyalty. This study aims to
analyze the influence of the 4A tourism components on tourist loyalty with
brand love and brand image as mediating variables. The sampling was conducted
using incidental sampling techniques with a total of 150 respondents, and the
data were analyzed using the SEM-PLS method. The research results indicate that
attractions, accessibility, and ancillary services have a positive and
significant effect on tourist loyalty, with brand love and brand image serving
as mediating variables. However, amenities were not adequately explained in
this study.
Kata Kunci : Attractions, Amenities, Accessibility, Ancillary, Brand Image, Brand Love, Loyalty, SEM-PLS