Peran Mediasi Solidaritas Emosional terhadap Hubungan RIsiko Terpersepsi dan Dukungan Masyarakat Terkait Pariwisata Pada Pandemi COVID-19
Alvin Yudhistira, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran penting solidaritas emosional sebagai mediator dalam hubungan antara risiko persepsian dan dukungan masyarakat terhadap pariwisata di masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini meneliti bagaimana persepsi risiko terkait keberadaan pariwisata secara negatif berdampak terhadap dukungan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata dan bagaimana solidaritas emosional masyarakat terhadap wisatawan memainkan peran mediasi dalam menjelaskan hubungan antara persepsi risiko masyarakat dan dukungan mereka terhadap pariwisata di masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan survei untuk mengumpulkan data dari 471 responden yang semuanya berasal dari Desa Gamplong, sebuah desa tujuan wisata di Yogyakarta, untuk menganalisa dampak dari risiko persepsian masyarakat terhadap dukungan mereka terkait keberadaan pariwisata dalam komunitas mereka. Penelitian ini menemukan bahwa meningkatkan solidaritas emosional masyarakat dapat secara signifikan meningkatkan dukungan mereka terhadap pariwisata, meskipun dihadapkan dengan tingginya risiko persepsian. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan untuk memajukan layanan pariwisata terkostumisasi dan terpersonalisasi yang memungkinkan terbentuknya interaksi positif masyarakat dan wisatawan yang kemudian akan meningkatkan solidaritas emosional masyarakat antara masyarakat dan wisatawan di masa pandemi.
Kata Kunci : Pandemi COVID-19, Risiko Persepsian, Solidaritas Emosional, Dukungan terhadap Pariwisata, Desa Wisata.