PENGARUH PERSEPSI ATRIBUT DAN NILAI KONSUMEN TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PADA RESTORAN BARBEQUE GRILL
Anida Chusnul Chotimah, Prof. Ir. Mujtahidah Anggriani Ummul Muzayyanah, S.Pt., M.P. Ph.D., IPM. : Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.;
2025 | Tesis | S2 Ilmu Peternakan
Salah satu bisnis
kuliner yang saat ini berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat yaitu Barbeque
Grill. Oleh karena itu, penelitian ini ingin memodelkan persepsi konsumen
pada pengalaman bersantap di restoran Barbeque Grill yang terdiri dari
pengalaman dalam hal atribut produk (kualitas makanan, kualitas layanan dan
kualitas lingkungan fisik) dengan nilai konsumen mengukur bagaimana konsumen
merasakan pengalaman dalam istilah nilai ekonomi, fungsional, emosional dan
simbolik dan memberikan hasil seberapa berpengaruh atribut dan nilai konsumen
terhadap behavioral intention meliputi word of mouth, kepuasan dan
loyalitas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh atribut produk
berdasarkan nilai konsumen terhadap behavioral intention pada restoran
barbeque grill. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling.
Sampel pada penelitian ini berjumlah 224 responden diambil menggunakan teknik purposive
sampling dengan kriteria usia responden minimal 17 tahun, pernah
berkunjung/membeli atau melakukan kunjungan/pembelian kembali disalah satu
restoran Barbeque Grill yang menyediakan hidangan daging dengan self
service dan proses grill di meja konsumen. Pengumpulan data primer
menggunakan kuesioner online dengan pengukuran five likert method
serta dilakukan uji validitas (Correlation Pearson) dan uji reliabilitas
(Cronbach’s Alpha) menggunakan software SPSS
versi 27. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM)
melalui pendekatan Partial Least Square
(PLS) dengan software SMART-PLS 3. Hasil analisis pada penelitian ini
menunjukan bahwa atribut produk berpengaruh positif dan signifikan (P<0>behavioral intention, nilai konsumen berpengaruh
positif dan signifikan (P<0>behavioral intention. Kesimpulan pada penelitian ini
atribut produk dan nilai konsumen sebagai mediasi berpengaruh terhadap niat
perilaku (behavioral intention) konsumen terhadap restoran Barbeque
Grill.
One of the culinary
businesses currently developing and of great interest to the public is Barbeque
Grill. Therefore, this study wants to model consumer perceptions of the dining
experience at Barbeque Grill restaurants, which consists of experiences in
terms of product attributes (food quality, service quality, and physical
environment quality) with consumer values measuring how consumers perceive
experiences in terms of economic, functional, emotional and symbolic values and
provide results on how influential attributes and consumer values are on
behavioral intention including word of mouth, satisfaction, and loyalty. This
study aimed to analyze the effect of product attributes based on consumer value
on behavioral intention at barbeque grill restaurants. This research uses a non-probability
sampling method. The sample in this study is 224 respondents taken using a purposive
sampling technique with the criteria of at least 17 years of respondents
having visited/purchased or made a visit/repurchase at one of the Barbeque
Grill restaurants that provide meat dishes with self-service and grill
processes at the consumer’s table. Primary data was collected using an online questionnaire with a five-Likert
method measurement and validity test (Pearson Correlation) and reliability test
(Cronbach’s Alpha) using SPSS software version 27. Analysis of this research
data using descriptive analysis and Structural Equation Modeling (SEM) through
the Partial Least Square (PLS) approach with SMART-PLS 3 software. The results
of the analysis in this study indicate that product attributes have a positive
and significant (P <0>
Kata Kunci : Barbeque grill, Behavioral intention, Nilai konsumen, Persepsi atribut