Analisis efisiensi dan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Gowa
SYAMSURI, Helmy, Prof.Dr. Abdul Halim, MBA.,Akt
2004 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanRumah sakit umum daerah merupakan salah satu organisasi jasa di bidang kesehatan yang mencerminkan seberapa jauh tanggung jawab dan wewenang pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada publik, sehingga rumah sakit umum daerah perlu meningkatkan kinerjanya. Tingkat efisiensi dan kualitas pelayanan dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: pertama, mengukur dan menganalisis tingkat efisiensi yang dicapai Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Maros dan Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar selama periode tahun 1998 sampai dengan tahun 2003. Kedua, menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa, sedangkan data sekunder digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi masing-masing rumah sakit. Adapun cara perolehan data primer dengan melakukan peneyebaran kuisioner kepada responden untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa, sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui observasi langsung pada masingmasing rumah sakit umum daerah. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi adalah Data Envelopment Analysis (DEA), sedangkan untuk menganalisis kualitas pelayanan digunakan metode Analysis Importance and Performance Matrix. Variabel-variabel yang diperhitungkan untuk mengetahui tingkat efisiensi adalah jumlah tenaga kerja, realisasi anggaran dari sisi input dan jumlah kunjungan pasien rawat jalan, jumlah hari pasien rawat inap, retribusi sebagai output. Untuk pengukuran kualitas pelayanan dapat dilihat dari aspek tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Hasil analisis efisiensi pada ketiga rumah sakit umum daerah menunjukkan bahwa: Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa memiliki tingkat efisiensi yang konstan dengan tingkat pencapaian 100% selama periode penelitian dibandingkan dengan kedua rumah sakit. Hasil analisis kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa; masih terdapat perbedaan antara tingkat kepentingan pasien dengan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gowa.
Local general hospital is one of service organizations for health that reflects how far the government’s responsibility and authority in providing service to the public, hence the general hospital needs to increase its performance. The efficiency scale and service quality can be used as a tool measure the hospital’s performance. This research purposes: first, to measure and analyze the rate of efficiency achieved by Local General Hospital of Gowa Regency, Maros Regency, and Haji Makassar during 1998 to 2003 Second, to analyze quality of service given by Hospital of Gowa Regency. Data used in this research is primary and secondary data. The primary data is used to analyze quality of service given by hospital of Gowa Regency, whereas the secondary one is used to measure the level of each hospital’s efficiency. In addition, primary data is obtained by spreading questionnaires to the some respondents in order to find out the services given by Hospital of Gowa Regency, whereas secondary data is collected through direct observation at each hospital. The analysis data used to measure the level of efficiency is Data Envelopment Analysis (DEA), while to analyze the quality of service is used method of Analysis Importance and Performance Matrix. Variables considered to find out the level of efficiency are number of employees, budget realization about its input and number of outpatient visit, inpatient, retribution as output. In term of measurement of service quality can be seen from aspects of tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and emphaty. The result of efficiency analysis in three local general hospitals showing as; Local General Hospital of Gowa Regency has the more constant level of efficiency with achievement rate of 100% during research period than the two hospitals. Analysis result of service quality at the Local General Hospital of Gowa Regency showing as; there are some differences between patients’ interest level and service provided by Local General Hospital of Gowa Regency.
Kata Kunci : Layanan RSUD,Efisiensi dan Kualitas, Efficiency, Service Quality, Data Envelopment Analysis (DEA), and Analysis Importance and Performance Matrix