Partisipasi Pemangku Kepentingan Pendidikan Dalam Pengembangan Eduwisata Desa Krembangan Kabupaten Kulon Progo
Putri Ria Utami, Prof.Dr.-Phil. Janianton Damanik, M.Si.
2024 | Tesis | S2 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN
Perkembangan eduwisata sangatlah pesat, namun permasalahannya adalah kemajuan daerah wisata belum mampu menjamin pada peningkatan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Partisipasi aktif dalam mengelola potensi eduwisata menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pengembangan eduwisata, namun persoalan partisipasi pemangku kepentingan pendidikan dalam eduwisata belum banyak diungkap secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi partisipasi dan peran pemangku kepentingan pendidikan dalam pengembangan eduwisata di Desa Krembangan Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi serta studi dokumen sebagai cara pengumpulan data. Data diolah untuk mendeskripsikan peran pemangku kepentingan dengan metode analisis melalui matriks kepentingan dan pengaruh pemangku kepentingan dalam pengembangan eduwisata. Dari hasil analisis terdapat 15 pemangku kepentingan yang terlibat, terdiri dari kelompok pemerintah daerah, kelompok swasta, kelompok akademisi, dan kelompok masyarakat Dapat disimpulkan bahwa pemangku kepentingan dalam pengembangan eduwisata desa Krembangan berperan aktif sesuai dengan target dan tujuan dari masing-masing kelompok.
The growth of edu-tourism is accelerating, yet the improvement of tourist destinations has not been sufficient to provide an increase in education and community welfare. Active engagement in managing edu-tourism potential is one of the success conditions for expanding edu-tourism, but the issue of educational stakeholders' participation in edu-tourism has yet to be properly investigated. The purpose of this study is to identify educational stakeholders' engagement and role in the development of edu-tourism in Krembangan Village, Kulon Progo Regency. This qualitative research employed a descriptive approach and used interviews, observations, and document studies to obtain data. The data is processed to define the role of stakeholders in promoting edu-tourism using an analytical approach based on a matrix of stakeholder interests and influence. The investigation revealed that 15 stakeholders are participating, including local government groups, private groups, academic groups, and community groups. To summarize, stakeholders play an active role in developing the edu-tourism in Krembangan Village depending on their own goals and objectives.
Kata Kunci : eduwisata, partisipasi, pemangku kepentingan, peran