Pengaruh Kredibilitas Sumber Influencer dan Moderasi Kedekatan pada Keputusan Pembelian Makanan Sehat
Priscilla Iranata Panjaitan, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN
Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh kredibilitas influencer, yang terdiri dari keahlian,
kepercayaan, dan daya tarik, terhadap sikap pengikut terhadap influencer serta
perilaku pembelian makanan sehat. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki
bagaimana variabel kedekatan memoderasi hubungan antara kredibilitas influencer
dan sikap terhadap influencer. Data diperoleh melalui survei daring, dengan
total 252 responden yang memenuhi kriteria penelitian, yaitu responden berusia
18-44 tahun, memiliki akun media sosial, serta mengikuti influencer makro dan mikro
di platform TikTok dan Instagram yang merekomendasikan produk makanan sehat,
dan telah melakukan pembelian produk makanan sehat. Analisis data dilakukan
menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk
menguji kesesuaian model yang dihipotesiskan dengan data yang diperoleh. Hasil
analisis menunjukkan bahwa dari tujuh hipotesis yang diajukan, terdapat empat
hipotesis yang terdukung. Dari hipotesis tersebut, ditemukan bahwa keahlian,
sifat dapat dipercaya, dan daya tarik berpengaruh positif terhadap sikap
terhadap influencer, dan sikap terhadap influencer berpengaruh positif terhadap
perilaku pembelian produk makanan sehat. Namun, variabel kedekatan tidak secara
signifikan memoderasi hubungan kredibilitas sumber terhadap sikap terhadap
influencer.
This study aims to
examine the influence of influencer credibility, comprising expertise,
trustworthiness, and attractiveness, on followers’ attitudes toward influencers
and their healthy food purchasing behavior. Additionally, this study
investigates how closeness moderates the relationship between influencer
credibility and attitudes toward influencers. Data were collected through an
online survey involving 252 respondents who met the research criteria: aged
18–44 years, active social media users, following macro and micro influencers
on TikTok and Instagram who recommend healthy food products, and having
purchased healthy food products. Data analysis was conducted using Structural
Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) to assess the fit between the
hypothesized model and the collected data. The findings reveal that four out of
seven proposed hypotheses were supported. Specifically, expertise,
trustworthiness, and attractiveness positively influence attitudes toward
influencers, and attitudes toward influencers positively influence healthy food
purchasing behavior. However, closeness did not significantly moderate the
relationship between source credibility and attitudes toward influencers.
Kata Kunci : kredibilitas sumber, keahlian, sifat dapat dipercaya, daya tarik, sikap terhadap influencer, perilaku pembelian sebenarnya.