Laporkan Masalah

Evaluasi Perancangan Fasilitas Rest Area Tempat Parkir Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Ruas Probolinggo Timur-Gending STA 34+700 Berdasarkan Prinsip Standar Rest Area Peraturan Menteri PUPR

RIRI OKTAVIANI NST, Edi Kurniadi, S.T., M.T.

2024 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL

Dengan semakin meningkatnya penggunaan jalan tol sebagai jalur transportasi utama, keberadaan fasilitas pendukung seperti Rest Area menjadi sangat vital. Fasilitas ini diharapkan mampu memberikan tempat istirahat yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan tol. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengevaluasi desain Rest Area di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri PUPR, untuk memastikan bahwa fasilitas yang ada memenuhi kriteria keamanan, kenyamanan, serta berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait, sementara data sekunder berasal dari dokumen perencanaan dan peraturan yang berlaku. Analisis dilakukan berdasarkan standar fasilitas Rest Area yang tercantum dalam Peraturan Menteri PUPR tahun 2018 dan 2021. Evaluasi ini berfokus pada aspek keamanan, kelengkapan fasilitas, serta keberlanjutan, dengan mempertimbangkan perubahan desain dari TIP tipe B ke tipe A. Dari hasil evaluasi, sebagian besar fasilitas di Rest Area Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A telah sesuai dengan standar yang berlaku, seperti fasilitas toilet, SPBU, dan tempat ibadah. Namun, ditemukan beberapa kekurangan, terutama terkait dengan pengelolaan limbah, sistem kebakaran, serta fasilitas pengisian bahan bakar listrik. Kekurangan ini berkontribusi pada keterlambatan penyelesaian proyek hingga tahun 2025. Meskipun demikian, fasilitas yang dirancang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan pengguna jalan tol di masa depan.

With the increasing use of toll roads as a primary transportation route, the presence of supporting facilities such as Rest Areas becomes crucial. These facilities are expected to offer a safe and comfortable resting place for toll road users. The goal of this thesis is to evaluate the design of the Rest Area on the Pasuruan-Probolinggo Toll Road Section 4A based on the standards set by the Ministry of Public Works and Public Housing (PUPR) regulation, ensuring that the facilities meet criteria for safety, comfort, and sustainability. This research uses primary and secondary data collection methods. Primary data was obtained through interviews with relevant stakeholders, while secondary data was sourced from planning documents and applicable regulations. The analysis was conducted based on Rest Area facility standards outlined in the 2018 and 2021 Ministry of PUPR regulations. The evaluation focuses on safety aspects, facility completeness, and sustainability, taking into account the design changes from TIP Type B to Type A. The evaluation results show that most facilities in the Rest Area of the Pasuruan-Probolinggo Toll Road Section 4A comply with current standards, including toilets, gas stations, and prayer rooms. However, some deficiencies were found, particularly in waste management, fire safety systems, and electric vehicle charging stations. These shortcomings have contributed to project delays, with completion expected by 2025. Despite this, the designed facilities are expected to enhance comfort and meet the future needs of toll road users.

Kata Kunci : Design Evaluation, Rest Area Facilities, PUPR Ministerial Regulation

  1. D4-2024-457138-abstract.pdf  
  2. D4-2024-457138-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-457138-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-457138-title.pdf