Laporkan Masalah

Kualitas pelayanan publik bidang Administrasi di Kantor Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

ASNURIAL, Dr. Yeremias T. Keban

2004 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Dalam dasawarsa belakangan ini, isu-isu pelayanan publik semakin hangat dibicarakan. Hal ini sebagai akibat semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan hak mereka untuk mendapatkan pelayanan yang baik dan bermutu sesuai dengan harapan dan keinginan mereka. Disamping itu isu pelayanan publik mempunyai implikasi dan dampak yang cukup strategis baik dibidang sosial politik dan ekonomi. Dibidang sosial politik akan berpengaruh terhadap legitimasi pemerintah dimata masyarakat, sedangkan dibidang ekonomi akan berakibat terhadap perkembangan dunia usaha dan investasi yang berpengaruh luas terhadap perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa pelayanan publik bidang administrasi yang diselenggarakan oleh Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik bidang administrasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif paradigma positivistik , dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, kuesioner, observasi langsung dan dokumentasi, dengan mengambil responden seluruh pejabat struktural diKecamatan dan beberapa staf pegawai diKantor Kecamatan Bukit Batu serta beberapa masyarakat yang menggunakan pelayanan publik bidang administrasi tersebut. Dari hasil analisis dan interpretasi diperoleh kualitas pelayanan publik bidang administrasi yang diselenggarakan oleh Kecamatan Bukit Batu masih belum baik. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya faktor-faktor yang dapat membuka peluang terjadinya kesenjangan dalam rangka menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas didalam organisasi Pemerintah Kecamatan Bukit Batu. Faktor-faktor tersebut antara lain tidak dilakukannya survey dan penelitian terhadap pola -pola pelayanan sesuai harapan dan keinginan masyarakat, tidak adanya standarisasi pelayanan yang baik, tujuan pelayanan yang tidak berorientasi kepada masyarakat dan tidak adanya sistem reward and punishment yang baik terhadap pegawai. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai usaha agar dapat menutup kesenjangan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Diantaranya perlu dilakukan survey dan penelitian kepada masyarakat paling tidak sebulan sekali atau sesuai kebutuhan secara berkala untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan serta pendapat masyarakat tentang pelayanan yang telah diberikan. Perlu dibuat standarisasi pelayanan yang lebih lengkap menyangkut tata cara , prosedur dan persyaratan untuk mendapatkan pelayanan, waktu proses, dan biaya pelayanan. Dibuat suatu tujuan yag jelas dalam memberikan pelayanan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, dan membangun sistem evaluasi serta sistem reward and punishment yang benar-benar adil bagi pegawai. Dengan demikian kualitas penyelenggaraan pelayanan publik bidang administrasi di Kecamatan Bukit Batu dapat ditingkatkan

In the recent decade, rumors over public service were increasingly told about. It was a result that the community’s awareness level of their rights to obtain good and qualified service was increasing, in accordance with their expectation and wishes. In addition, rumors over public service had strategic implication and impact both in social-politic and economic field. The socialpolitic field affected the government legitimatization in front of the community, while economic field impacted on the development of world’s business and investment that widely affected the community’s economy. The research aimed to describe and analyze the public service in administration field that held by Sub district of Bukit Batu Regency of Bengkalis and to understand any factors that affected quality of the public service in the administration field. The research used qualitative paradigm positivistic method and the data collecting technique was done by direct interviews, questionnaire, observations and documentation, bay sampling respondents from all of the structural officials in the sub district and some of the staffs in the Bukit Batu Sub district as well as some of community members who used public service in the administration field. From the analysis and interpretation result, it was obtained that the public service in the administration field held by the sub district Bukit Batu was not good. It was seen from some factors that provide any opportunities for any gaps in order to hold a qualified service in organization of the Bukit Batu Sub district government. The factors were that there were not done survey and research on service features in accordance with community’s expectation and wishes, there were not good service standardization, the service goals were not oriented on the community and there was not a good system of reward and punishment for the staff. Thus, it must be implemented various efforts so that it can close any gaps in providing qualified service to the community. It must be implemented a survey and research on the community at least three time a month or in accordance with regular needs in order to find out any community’s needs and expectation as well as their opinion on given service. It needs a more complete service standardization related to customs and manners, procedures and requirements to obtain particular service, time of process, and service cost. It must be established clear objectives in providing that oriented on the community’s needs, and to develop evaluation system and also system of reward and punishment that really fair for all of the staff. Thus, the quality of the public service implementation in the administration field in the Sub district of Bukit Batu can be improved.

Kata Kunci : Birokrasi,Kualitas Layanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.