Laporkan Masalah

PERSEPSI YANG DIRASAKAN OLEH WISATAWAN TERHADAP DESTINASI WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA

BIMA CANDRA PRAMUDITA, Yulita Kusuma Sari, S.T., M.Sc.

2024 | Skripsi | PARIWISATA

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana wisatawan menilai Taman Sari sebagai destinasi budaya, dengan fokus pada nilai historis, estetika, dan pengalaman yang mereka rasakan selama kunjungan. Penelitian ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi wisatawan serta dampaknya terhadap kepuasan dan minat mereka untuk berkunjung kembali. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, wawancara mendalam, dan observasi, penelitian ini membahas persepsi wisatawan mengenai daya tarik dan fasilitas yang ada di Taman Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan menilai Taman Sari berdasarkan nilai-nilai historis, kualitas layanan, fasilitas, dan daya tarik arsitekturnya. Wisatawan juga memberikan penilaian terhadap suasana lingkungan dan produk yang dijual di Taman Sari. Temuan lain menunjukkan adanya hubungan antara persepsi dengan tingkat kepuasan wisatawan dan niat berkunjung kembali atau merekomendasikan destinasi tersebut kepada orang lain. 

"This research aims to understand how tourists perceive Taman Sari as a cultural destination, focusing on its historical, aesthetic, and experiential values during their visit. The study also explores the factors influencing tourists' perceptions and their impact on satisfaction and willingness to revisit. Using qualitative methods, in-depth interviews, and observations, the research discusses tourists' perceptions of the attractions and facilities available at Taman Sari. The findings show that tourists evaluate Taman Sari based on its historical value, service quality, facilities, and architectural appeal. Tourists also provide feedback on the ambiance and products sold at Taman Sari. Additionally, the study found a correlation between perceived value and tourist satisfaction, as well as their intention to return or recommend the destination to others”. 

Kata Kunci : Nilai Persepsi, Taman Sari Yogyakarta, Wisata Budaya, Kepuasan Wisatawan, Loyalitas Wisatawan, Pengalaman Wisatawan, Arsitektur dan Sejarah.

  1. S1-2024-463035-abstract.pdf  
  2. S1-2024-463035-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-463035-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-463035-title.pdf