Perancangan dan Analisis Sistem Kendali PI Pada Kecepatan Sudut Motor DC Menggunakan Pengendali Arduino UNO
Hafied Hamami Al Aufa, Dzuhri Radityo Utomo, ST,M.E.,Ph.D Dr.Eng.Ir. Adha Imam Cahyadi,S.T.,M.Eng.,IPM
2024 | Skripsi | TEKNIK ELEKTRO
Dalam dunia industri, kestabilan pada kecepatan
motor DC menjadi sangat penting hal ini disebabkan
oleh fakta bahwa tinggi rendahnya perputaran motor akan berdampak pada fungsi mesin secara keseluruhan. Akibatnya, motor DC akan
berdampak pada kinerja,
hasil, dan efektivitas mesin. Walaupun sudah
menggunakan kontrol kecepatan, jika motor hanya diatur ke kecepatan maksimal secara manual, maka
performanya tetap tidak akan efektif [1]. Motor justru akan rusak, tidak bisa bekerja, menyebabkan penurunan tidak
terduga, dan pada saat malam hari dapat
mengganggu produktivitas industri.
Metode pengendalian Proportional- Integral-
Derivative (PID) merupakan metode pengendalian yang dapat dengan
mudah diimplementasikan di berbagai
fasilitas industri karena hemat biaya
dan mudah diterapkan dalam pengendalian sistem,
khususnya pada sistem closed-loop. Selain itu, pengendali PI juga
menghasilkan respon yang baik terhadap sebagian
besar di industri.
Penelitian ini berfokus
pada pengendalian kecepatan
sudut motor DC dengan menggunakan metode pengendalian PI. Metode
penalaan PI untuk plant yang akan
dikendalikan. Penelitian
menggunakan metode penalaan Ziegler-Nichols dan penalaan trial error. Eksperimen ini
dilakukan untuk melakukan penalaan kendali PI pada motor DC untuk mengatur
kecepatan motor DC. Fokus penelitian dilakukan pada pendekatan eksperimental untuk menemukan
parameter PI dengan cara melakukan
pengujian pada sistem yang sebenarnya, sehingga mendapatkan kecepatan
putar motor yang stabil pada motor DC berbasis mikrokontroler Arduino UNO.
Pada penelitian tersebut dilakukan dengan 3
tahap yaitu kendali tanpa PI, metode Ziegler-
Nichols, dan trial error. Tahap
percobaan tanpa PI untuk digunakan mengetahui karakteristik transien
motor DC. Tahap metode Ziegler-Nichols digunakan untuk penalaan
kendali PI berdasarkan karakteristik transien motor DC. Untuk percobaan trial dan error,
ini dilakukan dengan melakukan pengaturan nilai Kp
dan Ki secara eksperimen
dengan memvariasikan nilai Kp dan Ki dari nilai 0 sampai nilai yang optimal untuk digunakan pada
kendali motor DC. Dari 3 tahap yang
dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai konfigurasi Kp dan Ki yang optimal
untuk kendali motor DC.
In the
industrial world, stability at the speed of the DC motor is very important,
this is due to the fact that the high
and low rotation of the motor will have an impact on the overall function of the
machine. As a result, DC motors will have an
impact on machine performance, results, and
effectiveness. Even if you have used speed control, if the motorcycle is only
set to the maximum speed manually,
then its performance will still not be effective. The motorcycle will actually be damaged, cannot work, causes
unexpected downtime, and at night can interfere with industrial productivity. The Proportional-Integral-Derivative
(PID) control method is a control method
that can be easily implemented in various industrial facilities because it is
cost-effective and easy to apply in
system control, especially in closed-loop systems. In addition, PI controllers also produce a good response
to most in the industry.
This
research focuses on controlling the angular speed of DC motors by using the PI control method. PI tuning method for the
plant to be controlled. The study uses the Ziegler- Nichols tuning method and trial error tuning. This experiment
was carried out to adjust the PI control
on the DC motor to regulate the speed of the DC motor. The focus of this
research is on an experimental
approach to find PI parameters by testing on the actual system, so that a
stable motor rotation speed is obtained on a DC motor based
on the Arduino UNO microcontroller.
This
study was carried out with 3 stages, namely
control without PI, Ziegler-Nichols method,
and trial error. The experimental stage without PI to be used to determine the
transient characteristics of DC
motors. The Ziegler-Nichols method stage is used for tuning the PI control based on the transient characteristics of DC motors. For triall and error
experiments, this is done by setting
the Kp and Ki values experimentally by varying the Kp and Ki values from 0 to the optimal value for use in DC motor
control. From the 3 stages carried out in this study, the aim is
to find the optimal Kp and Ki configuration values
for DC motor control
Kata Kunci : PI, Mikrokontroler, Motor DC, Ziegler-Nichols, Trial dan error