Laporkan Masalah

Valuasi Ekonomi dan Determinan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo Provinsi DIY Tahun 2023

GELIS MAHARDIKA PRAMESWARI, Yuni Andari S.E. M.Si.

2024 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHAN

Valuasi nilai lingkungan khususnya untuk mengukur nilai ekonomi suatu objek wisata yang paling banyak dipakai adalah travel cost method. Metode TCM ini menduga nilai ekonomi suatu kawasan wisata. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk  1. Mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata Waduk Sermo, 2. Mengestimasi nilai ekonomi dari objek wisata Waduk Sermo menggunakan metode biaya perjalanan (travel cost method). Menggunakan Metode analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pendekatan biaya perjalanan (travel cost method).  Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan di Objek Wisata Waduk Sermo yaitu usia, pendapatan, jarak tempuh,  biaya perjalanan, dan indeks persepsi konsumen memiliki pengaruh yang signifikan. Dan variabel usia, jarak tempuh, dan biaya perjalanan memiliki pengaruh yang negatif sedangkan variabel pendapatan dan indeks persepsi konsumen memiliki pengaruh yang positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan. Surplus konsumen didapatkan sebesar Rp468.557, per individu. Dengan jumlah pengunjung yang berkunjung ke Objek Wisata Waduk Sermo tercatat sebanyak 75.799 orang sehingga estimasi nilai ekonomi total yang didapatkan sebesar Rp35.516.152.043.

Valuation of environmental value, especially to measure the economic value of a tourist attraction, is the most widely used travel cost method. This TCM method estimates the economic value of a tourist area. The aims of this research were to 1. Find out what factors can influence tourist visits to visit the Sermo Reservoir tourist attraction, 2. Estimate the economic value of the Sermo Reservoir tourist attraction using the travel cost method. Using a quantitative analysis method with a descriptive approach, with a travel cost method.  The factors that influence the number of tourist visits at the Sermo Reservoir tourist attraction, namely age, income, distance traveled, travel costs, and level of satisfaction have a significant influence. And the variables age, distance traveled, and travel costs have a negative influence, while the variables income and level of satisfaction have a positive influence on the number of tourist visits. The consumer surplus was obtained at IDR 468.557, per individual. With the number of visitors visiting the Sermo Reservoir tourist attraction recorded at 75,799 people, the estimated total economic value obtained was IDR 35.516.152.043.

Kata Kunci : Travel Cost Method, Valuasi Ekonomi, Waduk Sermo

  1. D4-2024-463971-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463971-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463971-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463971-title.pdf