Evaluasi Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi S1 Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada pada Ilmu Penyakit Mulut dan Radiologi Kedokteran Gigi
Alifah Nasywa Nur Herwita, drg. Ryna Dwi Yanuaryska, Ph.D.; drg. Fimma Naritasari, MDSc.
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI
Dokter gigi memerlukan pengetahuan yang memadai dalam merawat pasien. Pendidikan jenjang akademik S1 merupakan bagian dari proses belajar yang tidak terpisahkan bagi dokter gigi. Ilmu Penyakit Mulut (IPM) dan Radiologi Kedokteran Gigi (RKG) merupakan dua bidang ilmu yang membutuhkan pengetahuan mendalam dan berperan penting dalam hal diagnosis dan manajemen penyakit pada pasien. Berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia, terdapat kompetensi minimal yang harus dicapai oleh mahasiswa. Terdapat lima jenis kompetensi pada bidang IPM dan dua jenis kompetensi pada bidang RKG. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa dan perbandingannya antar jenis kompetensi pada masing-masing bidang ilmu, yaitu IPM dan RKG.
Penelitian ini berjenis observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa angkatan 2021 program studi S1 Kedokteran Gigi FKG UGM. Terdapat 142 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pertanyaan yang diujikan sebanyak tiga puluh butir pada bidang IPM dan dua puluh butir pada bidang RKG. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hanya ada enam pertanyaan IPM dan sepuluh pertanyaan RKG yang valid dan reliabel. Pertanyaan yang valid dan reliabel digunakan untuk mengukur pengetahuan responden terhadap dua kompetensi IPM yaitu anamnesis dan KIE, serta dua kompetensi RKG yaitu kemampuan interpretasi dan keterampilan prosedural. Uji bivariat komparatif Mann-Whitney dipilih dengan dasar pertimbangan jumlah kelompok sampel yang hanya dua kompetensi dari tiap bidang ilmu dan data yang terdistribusi tidak normal.
Hasil penelitian secara statistik menunjukkan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat variasi tingkat pengetahuan mahasiswa pada bidang IPM dan RKG. Selain itu, juga terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antar jenis kompetensi pada bidang ilmu yang sama. Pada bidang IPM, terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kompetensi anamnesis dan KIE. Pada bidang RKG, terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kompetensi interpretasi dan keterampilan prosedural.
Dentists must have adequate knowledge to treat patients. A bachelor’s degree is an integral part of the learning process for the dentist. Oral medicine and dental radiology are two fields of science that require in-depth knowledge and play an important role in the diagnosis and management of diseases for patients. Based on Indonesian Dentist Competency Standards, there are minimum competencies that must be achieved by dental students with bachelor’s degrees. There are five types of competencies in oral medicine and two types of competencies in dental radiology. This study aimed to determine the level of dental student knowledge and the comparison between types of competencies in each field of science, which are oral medicine and dental radiology.
This study applied an analytical observational method with a cross-sectional approach. The study was conducted on a class of 2021 undergraduate students in Dentistry at Universitas Gadjah Mada. 142 respondents met the inclusion and exclusion criteria. Thirty questions of oral medicine and twenty questions of dental radiology were used in this study. There were six questions of oral medicine and ten questions of dental radiology that were valid and reliable. Valid and reliable questions were used to measure respondents’ knowledge of two competencies of oral medicine, which are anamnesis and communication, information, and education, as well as two competencies of dental radiology, which are interpretation skills and procedural skills. Based on the number of sample groups and the distribution of data, the Mann-Whitney comparative bivariate test was used to test two competencies from each field.
The results of the statistical test showed that this study’s hypothesis was accepted. It can be concluded from this study that there were variations in the level of knowledge among students in oral medicine and dental radiology. There were also differences in the level of knowledge between types of competencies in the same field of science. In oral medicine, there was a difference in the level of knowledge between anamnesis and KIE competencies. In the field of dental radiology, there was a difference in the level of knowledge between interpretation skills and procedural skills.
Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, mahasiswa kedokteran gigi, ilmu penyakit mulut, radiologi kedokteran gigi/Level of knowledge, dental student, oral medicine, dental radiology