Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Boikot Terhadap PT Unilever Indonesia Tbk Selama Konflik Israel-Palestina
YUKARI CHANDRA DWI ARISTA, Rina Herani, S.E., M.Sc.
2024 | Skripsi | MANAJEMEN
Konflik antara Israel dan Palestina
telah menimbulkan reaksi global, termasuk tindakan boikot terhadap
perusahaan-perusahaan yang diduga terlibat. PT Unilever Indonesia TBK menjadi
salah satu perusahaan yang terkena sentimen ini, yang berdampak pada penurunan
harga saham, pendapatan bersih, dan laba bersih. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku boikot terhadap PT
Unilever Indonesia TBK selama konflik Israel-Palestina.
Protection Motivation Theory (PMT) digunakan untuk memahami cara
individu mengevaluasi ancaman dan melakukan perlindungan. Penelitian ini
menggunakan sampel 221 responden yang memenuhi kriteria tertentu dan dianalisis
menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan perangkat lunak
SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer animosity memengaruhi sikap merek konsumen, yang kemudian
berdampak pada brand-country image
dan keputusan untuk melakukan boikot. Selain itu, perceived intrusiveness memperkuat sikap negatif terhadap merek,
sementara perilaku altruisme tidak memengaruhi brand-country image namun memperkuat
niat konsumen untuk melakukan boikot.
The conflict between Israel and Palestine has triggered
global reactions, including boycotts against companies suspected of
involvement. PT Unilever Indonesia TBK is one of the companies affected by this
sentiment, experiencing declines in stock prices, net income, and net profit.
This study aims to analyze the factors influencing boycott behavior against PT
Unilever Indonesia TBK during the Israel-Palestine conflict.
Protection Motivation Theory (PMT) is used to understand how
individuals evaluate threats and protect themselves. This study used a sample
of 221 respondents who met certain criteria and were analyzed using the
Structural Equation Modeling (SEM) method with SmartPLS 4.0 software. The
results showed that consumer animosity influenced consumer brand attitudes,
which then affected brand-country image and the decision to boycott. In
addition, perceived intrusiveness strengthened negative attitudes towards the
brand, while altruism behavior did not affect brand-country image but
strengthened consumer intentions to boycott.
Kata Kunci : konflik internasional, protection motivation theory, consumer animosity, sikap merek, perceived intrusiveness, brand-country image, niat boikot, dan perilaku altruisme.