Laporkan Masalah

Perilaku demonstran ditinjau dari pola asuh orangtua, penanaman norma agama dan media massa

BASIR, Suparlan Abdul, Promotor Prof.Dr. Bimo Walgito

2004 | Disertasi | S3 Psikologi

Penelitian yang berjudul “Perilaku Demonstran Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua, Penanaman Norma Agama Dan Media Massa” ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara perilaku mahasiswa yang berdemonstrasi dengan pola asuh orangtua, penanaman norma agama dan media massa baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Metode penelitian meliputi subjek penelitian, cara mengumpulkan data dan analisis data. Subjek penelitian terdiri dari 121 mahasiswa semester genap tahun akademik 2003 yang pernah mengkikuti demonstrasi dari Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan skala model Likert dengan format lima pilihan. Skala yang terdiri dari pernyataanpernyataan sebelum digunakan dilakukan uji coba untuk menentukan validitas butir dan realibitas instrumen terhadap 37 mahasiswa yang pernah ikut demonstrasi tetapi tidak akan digunakan sebagai subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa yang pernah mengikuti demonstrasi Data dianalisis dengan menggunakan teknik anlisis regresi ganda. Terdapat lima variabel bebas dan satu variabel terikat (Y). Kelima variabel bebas tersebut adalah pola asuh orangtua yang meliputi pola asuh kecenderungan otoriter (X1), otoritatif (X2) atau permisif (X3), penanaman norma agama (X4) dan media massa ( X5). Hipotesis yang diajukan adalah: 1. Ada hubungan antara perilaku demonstran mahasiswa dengan pola asuh orangtua yang cenderung permisif, penanaman norma agama dan media massa secara bersama 2. Tidak ada hubungan antara perilaku demonstran dengan pola asuh orangtua yang cenderung otoriter. 3.Tidak ada hubungan antara perilaku demonstran dengan pola asuh orangtua yang cenderung otoritatif.4. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku demonstran dengan pola asuh orangtua yang cenderung permisif. 5. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku demonstran dengan penanaman norma agama. 6. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku demonstran dengan media massa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi dengan taraf signifikansi 0,05; pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 11 For Windows 1998. Kesimpulan : ada hubungan yang signifikan antara perilaku demonstran dengan variabel bebas secara bersama; tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dan otoritatif dengan perilaku demonstran; ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku demonstran dengan pola asuh permisif, penanaman norma agama dan media massa. Besarnya sumbangan pada garis regresi ganda R ² = 0,204. Besarnya sumbangan setiap variabel pada regresi sederhana adalah untuk model 1 r = 0,000; model 2 r = 0,000; model 3 r = 0,088; model 4 r = 0,069; model 5 r = 0,146. Besarnya sumbangan relatif pada degresi ganda SRX3=27,23%; SRX4=19,22% dna SRX5= 53,55%.

The research with title Demonstrators’ Behavior viewed from the Role of Rearing, Religion Norm instilling and Mass Media was aimed at understanding the correlation between the demonstrators’ behavior and child-rearing, religion norm instilling, mass media either simultaneously or separately. The research method includes research subject, the instrument to collect data and data analysis. The subjects were 121 even semester students who had experience to join demonstration in the 2003 academic year of Law Faculty, Letters Faculty, Social and Politic Science in Sebelas Maret University Surakarta. The instrument to collect data was scale by Likert with form of five choice. The scale consisting of statements, before they were used they were tried out to 37 students who had experience to join demonstration and would not be used to be research subjects. Data were analyzed using multiple regression technique. There were five independent variables and one dependent variable (Y). The five independent variables were child rearing that had tendency to be authoritarian (X1), authoritative (X2) or permissive (X3), religion norm instilling (X4) and mass media (X5). The hypotheses of the research are: 1. There is a correlation between students’ behaviors and child - rearing, religion norm instilling, and mass media simultaneously. 2.There is no correlation between authoritarian rearing and demonstrators’ behavior; 3. There is no correlation between authoritative rearing and demonstrators’ behavior.4. There is a positive correlation between permissive rearing and demonstrators’ behavior; 5. There is a positive correlation between religion norm instilling and demonstrators’ behavior; 6. There is a positive correlation between mass media and demonstrators’ behavior. Analysis technique: regression with level of significance 0.05; the data were processed using SPSS version 11, For Windows 1998. Conclusion: there is a significant correlation between independent variables simultaneously and student demonstrators’ behavior; there is no significant correlation between authoritarian and student demonstrators’ behavior.There is no significant correlation between authoritative and student demonstrators’ behavior. There is a positive and significant correlation between permissive and student demonstrators’ behavior, religion norm instilling and mass media. The size of contribution of multiple regression is R ² = ,204; the contribution of each independent variable in simple regression as follows: model 1=, 000; model 2=, 000; model 3=, 088; model 4=, 069; model 5=, 146.Thhr relative Contribution of each variable as follows: SRX3=27,23%; SRX4 =19,22%; SRX5 = 53,55%.

Kata Kunci : Perilaku,Pola Asuh Orang Tua dan Norma Agama


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.