PENGEMBANGAN DASHBOARD PENYAJIAN DATA REGISTRASI APLIKASI MOBILE JKN DI KABUPATEN SLEMAN DAN KULON PROGO
TALITHA FIONNA FARAH AZZAHRA, Dian Herawati, S.T., S.ST., M.P.H.
2024 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
Latar Belakang: BPJS Kesehatan cabang Sleman melakukan monitoring registrasi aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo untuk mencapai fokus utama BPJS Kesehatan yaitu peningkatan kualitas layanan oleh internal dan ekosistem JKN melalui inovasi serta digitalisasi. Selama ini, monitoring registrasi dilakukan dengan dashboard yang disediakan oleh kantor pusat. Namun, dashboard yang disediakan belum dapat menampilkan informasi secara spesifik dan up to date seperti yang dibutuhkan sehingga pengembangan perlu dilakukan agar penyajian data lebih maksimal dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pemilihan daerah dan metode pelaksanaan sosialisasi yang tepat untuk daerah dengan tingkat registrasi Mobile JKN yang rendah.
Tujuan: Mengembangkan dashboard penyajian data registrasi aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sleman dan Kulon Progo
Metode: Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi dashboard dan verifikasi dashboard.
Hasil: Hasil dari pengembangan sistem ini adalah rancangan Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari use case diagram dan activity diagram, rancangan database berupa kamus data, rancangan antarmuka pengguna berupa wireframe, serta dashboard penyajian data registrasi Mobile JKN.
Kesimpulan: Pengembangan sistem ini menghasilkan dashboard penyajian data registrasi Mobile JKN bernama MJKN LESGO yang sudah sesuai dengan analisis kebutuhan pengguna dan dapat diakses secara online
Kata Kunci: BPJS kesehatan, dashboard, Mobile JKN, waterfall
Background: BPJS Kesehatan Sleman branch monitors the registration of the Mobile JKN application in Sleman and Kulon Progo districts to achieve BPJS Kesehatan's main focus, namely improving the quality of services by internal and JKN ecosystems through innovation and digitalization. So far, registration monitoring has been carried out with a dashboard provided by the head office. However, the dashboard provided has not been able to display specific information as needed so development needs to be done so that the presentation of data is maximized and can be used as a reference in the selection of regions and methods of implementing appropriate socialization for areas with low levels of Mobile JKN registration.
Objective: To develop a dashboard presentation of Mobile JKN application registration data in Sleman and Kulon Progo districts.
Methods: System development used the waterfall method, which consisted of the stages of needs analysis, design, dashboard implementation, and dashboard verification.
Results: The results of this system development are Unified Modeling Language (UML) designs consisting of use case diagrams and activity diagrams, database designs in the form of data dictionaries, user interface designs in the form of wireframes, and Mobile JKN registration data presentation dashboards.
Conclusion: This system development produces a Mobile JKN registration data presentation dashboard called MJKN LESGO which is by the user needs analysis and can be accessed online.
Keywords: BPJS Kesehatan, dashboard, Mobile JKN, waterfall.
Kata Kunci : BPJS kesehatan, dashboard, Mobile JKN, waterfall