Laporkan Masalah

Sembunyikan Yang Benar Dan Bagikan Yang Salah: Pengujian Efek Kedalaman Informasi Kinerja Relatif Dan Penguatan Identitas Kelompok Pada Perilaku Berbagi Pengetahuan

Antonius Grivaldi Sondakh, Prof. Ainun Na’im, M.B.A., Ph.D.; Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D.; Prof. Supriyadi, M.Sc., Ph.D.

2024 | Disertasi | S3 Ilmu Akuntansi

Dalam konteks organisasi, penting bagi setiap karyawan untuk berbagi pengetahuan agar tugas dapat dilaksanakan dengan efisien. Namun, terkadang individu enggan untuk berbagi atau bahkan memberikan informasi yang tidak akurat, yang pada akhirnya dapat merugikan rekan kerja dan menurunkan produktivitas organisasi secara keseluruhan. Untuk mendorong budaya berbagi pengetahuan, organisasi dapat memberikan insentif berdasarkan hasil evaluasi kinerja relatif yang diinformasikan secara terbuka. Pemberian informasi kinerja relatif (IKR) melalui perbandingan sosial dapat meningkatkan produktivitas, tetapi juga dapat memicu persaingan antar karyawan dan perilaku kontraproduktif.

Riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi efek pemberian IKR terhadap perilaku kontraproduktif berbagi pengetahuan. Riset ini juga menguji pengaruh penguatan identitas kelompok sebagai pemitigasi efek destruktif pemberian IKR. Studi ini dirancang menggunakan eksperimen laboratorium dengan desain faktorial 2 × 2 antar subjek. Variabel yang dimanipulasi adalah pemberian IKR (tinggi dan rendah) serta identitas kelompok (kuat dan moderat), sementara variabel yang diukur adalah harapan dan perilaku kontraproduktif.

Hasil uji statistik efek utama menunjukkan bahwa keinformatifan IKR memiliki dampak signifikan terhadap perilaku kontraproduktif, sementara temuan penguatan identitas kelompok tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kontraproduktif. Temuan tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa penguatan identitas kelompok berpotensi memitigasi efek destruktif dari pemberian IKR. Selanjutnya, hasil uji efek interaksi mengonfirmasi bahwa penguatan identitas kelompok efektif mengurangi efek destruktif dari pemberian IKR dan memotivasi berbagi pengetahuan.

Temuan penting dari riset ini terletak pada efek interaksi yang disertai efek perbandingan sosial berupa arah perbandingan dan harapan dari pembanding. Implikasi proses asimilasi dan evaluatif yang terjadi membuktikan bahwa dalam kondisi keinformatifan IKR tinggi, penguatan identitas kelompok dapat mengaktifkan efek destruktif berupa perilaku kontraproduktif melalui arah perbandingan dan harapan pembanding. Temuan riset ini memberikan wawasan penting bagi literatur dan praktik. Diskusi hasil, keterbatasan, serta saran untuk penelitian selanjutnya dibahas dalam laporan riset ini.

In an organizational context, it is crucial for every employee to share knowledge to ensure that tasks are carried out efficiently. However, individuals are sometimes reluctant to share or even provide inaccurate information, which can ultimately harm colleagues and reduce the overall productivity of the organization. To foster a culture of knowledge sharing, organizations can provide incentives based on openly informed relative performance evaluations. The provision of relative performance information (RPI) through social comparison can enhance productivity but can also trigger competition among employees and counterproductive behaviors.

This study aimed to explore the effects of providing RPI on counterproductive knowledge-sharing behaviors. It also examines the impact of strengthening group identity as a mitigator of the destructive effects of RPI provision. The study was designed using a 2 × 2 between-subjects factorial laboratory experiment. The manipulated variables were RPI provision (high and low) and group identity (strong and moderate), while the measured variables were expectations and counterproductive behavior.

The results of the main effects statistical tests indicate that the informativeness of RPI has a significant impact on counterproductive behavior, while the findings on strengthening group identity do not show a significant effect on counterproductive behavior. These findings can be used as a basis to suggest that strengthening group identity has the potential to mitigate the destructive effects of RPI provision. Furthermore, the results of the interaction effects tests confirm that strengthening group identity effectively reduces the destructive effects of RPI provision and motivates knowledge sharing.

The key findings of this research highlight the interaction effects accompanied by social comparison effects in terms of comparison direction and comparator expectations. The implications of the assimilation and evaluative processes demonstrate that, under conditions of high RPI informativeness, strengthening group identity can activate destructive effects in the form of counterproductive behavior through comparison direction and comparator expectations. These research findings provide valuable insights for both the literature and practice. The discussion of the results, limitations, and suggestions for future research are addressed in this research report.

Kata Kunci : Informasi Kinerja Relatif/Relative Performance Information, Identitas Kelompok/Group Identity, Perilaku Kontraproduktif Berbagi Pengetahuan/Counterproductive Knowledge Sharing Behavior, Perbandingan Sosial/Social Comparison

  1. S3-2024-420225-abstract.pdf  
  2. S3-2024-420225-bibliography.pdf  
  3. S3-2024-420225-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2024-420225-title.pdf