Laporkan Masalah

Engagement pada Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) : Studi Kualitatif Deskriptif

EDITH DEWANI ANGGARIT RATRI, Theresia Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah salah satu layanan pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kesehatan siswa, yang diharapkan juga akan meningkatkan prestasi olahraga. Siswa yang tergabung dalam KKO memiliki peran ganda, yaitu sebagai seorang pelajar dan atlet. Akan tetapi, untuk bisa mempertahankan baik kegiatan akademik maupun olahraga, diperlukan engagement (keterlibatan) yang tinggi pada siswa yang tergabung dalam program KKO. Penelitian ini bermaksud untuk mempelajari dinamika engagement yang terjadi pada Siswa KKO pada jenjang SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur terhadap delapan orang siswa KKO di lima SMP yang tersebar di tiga Kabupaten/Kota di Provinsi DIY. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Penelitian ini mengungkap gambaran dari engagement yang baik dan kurang baik pada siswa olahraga, baik dari sisi emosi, kognitif, serta perilaku. Selain itu, diungkap pula berbagai faktor dari sisi eksternal dan internal yang mempengaruhi engagement pada siswa Kelas Khusus Olahraga.

Special Sports Class (KKO) is one of educational services given by Republic of Indonesia’s Government to enhance quality of education through student’s health, which also expected to enhance achievements in sports. Students enrolled in KKO have multiple roles, both as student and athlete. However, to maintain both academic and sport activities, high student engagement is required from KKO students. This study aimed to investigate dynamics of engagement among KKO students at the Junior High School level. This study applies descriptive qualitative method. Data were  collected through semi-structured in-depth interview with eight Special Sports Class Students from five Junior High School across three City/Regency in Yogyakarta Special Region (DIY). Data were analyzed using Thematic Analysis. This study reveals an overview of both good and poor engagement among KKO students viewed from emotional, cognitive, and behavioral perspective. Additionally, it is found that various external and internal factors that influence engagement in KKO students. 

Kata Kunci : Engagement pada Siswa, Kelas Khusus Olahraga

  1. S2-2024-466694-abstract.pdf  
  2. S2-2024-466694-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-466694-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-466694-title.pdf