Daya Saing Komoditas Karet Indonesia di Pasar Internasional
IVO MEGA CANDELA FANESTIA, Prof.Dr.Jamhari,S.P.,M.P, Dr.Ir.Lestari Rahayu, M.P
2024 | Tesis | S2 Ekonomi Pertanian
DAYA SAING KOMODITAS KARET INDONESIA DI PASAR
INTERNASIONAL. Indonesia merupakan negara terbesar kedua produsen karet dunia setelah negara Thailand. Sampai saat ini, Indonesia masih belum bisa menduduki peringkat pertama karena produktivitas karet Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan negara Thailand. Hal ini mendorong Indonesia untuk mampu meningkatkan daya saingnya di pasar Internasional dan mempertahakan struktur pasarnya di pasar Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis struktur pasar karet Indonesia di pasar Internasional dan 2). Menganalisis daya saing karet Indonesia dipasar internasional. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Trademap, FAOSTAT dan Statistik Karet Indonesia. Data yang digunakan adalah Timeseries selama 40 Tahun (1982-2021). Analisi yang digunakan analisis deskriptif analisis. Metode analisis yang digunakan adalah Concentration Ratio, Herfindahl Index, RCA, Export Product Dynamic, X- model Potentian Product dan Diamond Porter’s. Hasil penelitian menunjukkan 1). Struktur Pasar komoditas karet Indonesia di Pasar Internasional berbentuk Oligopoli. 2). Daya saing karet Indonesia di pasar internasional menunjukkan daya saing yang kuat, posisi pasar karet Indonesia berada pada posisi Rising star dan memiliki pengembangan pasar yang optimis. Daya saing karet Indonesia memiliki keunggulan pada Sumber daya alam yang berlimpah.
COMPETITIVENESS OF INDONESIAN RUBBER COMMODITY IN THE
INTERNATIONAL MARKET. Indonesia is the second largest rubber producer in the world after Thailand. Until now, Indonesia has not been able to occupy the first rank because Indonesia's rubber productivity is lower than that of Thailand. This encourages Indonesia to be able to increase its competitiveness in the international market and maintain its market structure in the international market. This study aims to 1). Analyze the structure of the Indonesian rubber market in the international market and 2). Analyze the competitiveness of Indonesian rubber in the international market. The study uses secondary data obtained from Trademap, FAOSTAT and Indonesian Rubber Statistics. The data used is Timeseries for 40 years (1982-2021). The analysis used is descriptive analysis. The analysis methods used are Concentration Ratio, Herfindahl Index, RCA, Export Product Dynamic, X-model Potentian Product and Diamond Porter's. The results of the study show 1). The market structure of Indonesian rubber commodities in the international market is in the form of Oligopoly. 2). The competitiveness of Indonesian rubber in the international market shows strong competitiveness, the position of the Indonesian rubber market is in the Rising star position and has optimistic market development. The competitiveness of Indonesian rubber has advantages in abundant natural resources.
Kata Kunci : Kata Kunci : Ekspor Karet, Concentration Ratio, Herfindahl Index, RCA, EPD, X-Model Potential Product, Diamond Product