EVALUASI LAYANAN HYBRID PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA PADA KLASTER SOSIO-HUMANIORA DAN KLASTER KESEHATAN
Desy Natalia Anggorowati, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP., Ph.D
2024 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media
Penelitian ini mendeskripsikan kualitas layanan hybrid
library Perpustakaan Universitas Gadjah Mada pada klaster sosio-humaniora dan
klaster kesehatan. Desain penelitian menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Purposive sampling. Analisis
data dilakukan dengan mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca
seluruh data, memberi kode data, tema-deskripsi, penyajian data dan
interpretasi data. Tahapan selanjutnya yaitu dengan melakukan analisis komparatif
antar klaster. Hasil komparasi dua klaster menunjukkan bahwa dimensi affect of
service yang terdiri dari empat indikator telah ditemukan pada kedua klaster.
Namun pada indikator responsiveness terdapat perbedaan dengan catatan pada
klaster sosio<!--[if !supportFootnotes]-->[1]<!--[endif]-->humaniora
terdapat beberapa kendala terkait keterampilan digital/ online. Dimensi
information control yang terdiri dari lima indikator telah ditemukan dan ada
persamaan pada kedua klaster. Dimensi library as a place yang terdiri dari tiga
indikator yaitu tangibles, refuge, dan utilitarian space juga telah ditemukan
pada kedua klaster. Namun pada indikator tangibles terdapat perbedaan pada
kedua klaster dengan adanya kendala layanan fisik pada setiap klaster. Kendala
layanan pada klaster sosio-humaniora terkait pada desain dan inklusi, sedangkan
klaster kesehatan terkait pada ergonomi. Pada dimensi affect of service
(pengaruh pelayanan) menunjukkan bahwa sikap staf Perpustakaan UGM mempengaruhi
layanan. Dimensi information control (kontrol informasi) menunjukkan bahwa
kemudahan akses informasi yang ada pada Perpustakaan UGM mempengaruhi layanan
hybrid karena pemustaka dapat mengakses informasi baik online atau offline.
Dimensi library as place (perpustakaan sebagai tempat) menunjukkan bahwa latar
belakang bidang keilmuan ternyata mempengaruhi cara pandang dalam menilai
kenyamanan fasilitas fisik perpustakaan. Kedua klaster menerapkan
prinsip-prinsip inti dari disiplin ilmu masing-masing dalam indikator
tangibles. Beberapa indikator perlu peningkatan yaitu sikap responsivitas dalam
layanan digital dengan pelatihan staf. Pengembangan infrastruktur fisik yang
lebih inklusif bagi pemustaka disabilitas. Desain ulang fasilitas perpustakaan
yang ergonomis untuk mendukung kesehatan pemustaka serta menampilkan desain
interior yang lebih modern dan estetis pada ruangan sirkulasi untuk kenyamanan
dalam membaca dan belajar.
This study describes the quality of hybrid library services
of the Gadjah Mada University Library in the socio-humanities cluster and
health cluster. Using a qualitative descriptive approach. The sample collection
technique uses Purposive sampling. Data analysis is carried out by processing
and preparing data for analysis, reading all data, giving data codes,
themes-descriptions, data presentation and data interpretation. The next stage
is to conduct a comparative analysis between clusters. The results of the
comparison of the two clusters show that the affect of service dimension
consisting of four indicators has been found in both clusters. However, in the
responsiveness indicator, there is a difference with the note that in the
socio-humanities cluster there are several obstacles related to digital/online
skills. The information control dimension consisting of five indicators has
been found and there are similarities in both clusters. The library as a place
dimension consisting of three indicators, namely tangibles, refuge, and
utilitarian space, has also been found in both clusters. However, in the
tangibles indicators, there are differences in the two clusters with physical
service constraints in each cluster. Service constraints in the
socio-humanities cluster are related to design and inclusion, while the health
cluster is related to ergonomics. In the dimension of affect of service, showed
that the attitude of UGM Library staff affected the service. The dimension of
information control showed that the ease of access to information in the UGM
Library affects hybrid services because users can access information either
online or offline. The dimension of library as place showed that the background
of the scientific field actually affects the perspective in assessing the
comfort of library physical facilities. Both clusters apply the core principles
of their respective disciplines in tangibles indicators. Several indicators
need to be improved, namely responsiveness attitudes in digital services with
staff training. Development of more inclusive physical infrastructure for users
with disabilities. Redesign the ergonomic library facilities to support the
health of users and display a more modern and aesthetic interior design in the
circulation room for comfort in reading and learning.
Kata Kunci : kualitas, layanan, perpustakaan hibrida, LIBQUAL+TM